Kemendikbudristek Pastikan 127 Ribu Guru Honorer Jadi PPPK

by -
UJIAN: Ilustrasi ujian PPPK. Tahun ini, Kemendikbudristek memastikan 127 ribu akan diangkat jadi PPPK.

METROPOLITAN – Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidi­kan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, memastikan 127.186 guru honorer diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022. Mereka merupakan guru yang sudah lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021. ”Yang lolos passing grade 2021 ada 193 ribu. Nah, 127 ribu ini diangkat karena sudah menda­patkan formasi,” kata Nunuk, kemarin.

Sejatinya, sambung Nunuk, 193 ribu lainnya merupakan prioritas I atau PI dalam re­krutmen PPPK 2022. Namun, baru 127 ribu guru yang sudah mendapat formasi. Dengan begitu, ada 66 ribu guru yang saat ini masih diperjuangkan Kemendikbudristek agar men­jadi guru PPPK. Sementara itu, 55 guru di antaranya akan diperjuangkan lewat advo­kasi antara Kemendikbudristek dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca Juga  Kemendikbudristek Lantik 13 Pejabat Perkuat Konsolidasi

”Kita hanya mendorong un­tuk membuka formasi. Kita akan bekerja lebih keras lagi agar daerah membuka for­masi untuk menampung guru-guru mereka,” paparnya. Sisanya, tambah Nunuk, 11 ribu guru akan diakomodasi lewat seleksi kesesuaian atau verifikasi. Mereka akan dilihat kompetensinya.

”Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi profesional peda­gogik, sosial dan kepribadian,” pungkasnya. (med/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *