Keren! Produk UMKM Alumni IPB Tembus Pasar Eropa

by -

METROPOLITAN.id – Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali membuat terobosan baru. Kali ini, sejumlah produk UMKM dari para alumni IPB mulai tembus pasar Eropa.

Hal ini terbukti saat ratusan produk unggulan yang dibawa Himpunan Alumni (HA) IPB pada pameran internasional Free From Functional Food Expo di Amsterdam pada Selasa dan Rabu (22-23/11) mulai dilirik konsumen Eropa.

Menurut Ketua Umum HA IPB, Walneg S Jas, produk UMKM yang dibawa pada pameran bertaraf internasional itu diantaranya kopi, rempah, beras sagu, beras analog, beras organik, madu, gula merah, aneka minuman kesehatan, olahan daun kelor, rendang, VCO, mie non gluten, dan lainnya.

‘’Keragaman Sumber Daya Alam kita melimpah dan beragamnya komoditas terutama sektor pangan meningkatkan peluang ekspor bagi para pengusaha di Indonesia. Apalagi, saat ini pemerintah semakin menguatkan dukungan untuk peningkatan produksi dan penguatan ekspor disemua komoditi pangan,” kata Walneg.

“untuk itu, kami dari HA IPB sangat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekspor tersebut, dan tentu selalu memberikan kontribusi nyata dengan berbagai program yang direncanakan dan dijalankan,’’ sambungnya.

Dikatakan Walneg, melalui Badan Otonom ABC HA IPB yang menjadi rumah bagi para Alumni IPB yang mempunyai profesi wirausaha (baik skala besar, menengah, kecil maupun mikro), DPP HA IPB terus mendukung pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan perkembangan bisnis para anggotanya.

Baca Juga  Hesti Purwadinata Sedih Banget,Karena IG-nya Diblok Syahrini

‘’Salah satu program yang baru selesai digelar bekerjasama dengan Sekolah Ekspor adalah Pelatihan Ekspor Buitenzorg Agricultural Export Learning (BAEL) yang berlangsung berseri, yaitu 1-7 seri persiapan dan 1-10 seri pendalaman (teori dan praktek),” ucapnya.

“Dimana pada rangkaian acara BAEL tersebut, dikupas tuntas teori dan praktek yang berhubungan dengan ekspor dari berbagai aspek,’’ lanjut Walneg

Kemudian, sebagai tindak lanjut dari implementasi program BAEL in, ditambahkan Walneg, DPP HA IPB membawa produk-produk pangan unggulan dari alumninya ke eropa, mengikuti expo internasional di Amsterdam Belanda. Dan kegiatan BAEL ini merupakan salah satu program unggulan pada periode kepengurusannya.

“Kegiatan Expo ini bertujuan agar diskursus ekspor tidak sampai selesai di tahap wacana, tapi harus segera dieksekusi dan berkelanjutan. Sehingga menjadi motivasi dan inspirasi untuk para UMKM dimanapun di seluruh Indonesia,’’ ujar Walneg

Sementara itu Ketua Umum ABC HA IPB, Dudi S Hendrawan mengatakan, bahwa Program Go Export DPP HA IPB ini bertajuk Internation Business Alumni Expo (IBA-X), membawa lebih dari 100 produk unggulan. Ke 100 produk unggulan itu meliputi hasil penelitian IPB University, produk para pengusaha Alumni IPB, produk unggulan BLST, dan produk binaan-mitra HA IPB seperti dari binaan UPLAND Kementerian Pertanian.

Baca Juga  Dikira Boneka, Warga Cibalagung Kaget Temukan Mayat Mengambang di Kali Cikaret

‘’Kegiatan IBA-X HA IPB akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, menjadi satu bentuk nyata kontribusi dalam peningkatan ekspor nasional Indonesia, terutama produk UMKM Pangan. Kegiatan IBA-X ini terselenggarara atas dukungan berbagai pihak, seperti BI, BNI, LPEI, BSI, ID Food, Pemda Sumenep dan lainnya,’’ kata Dudi.

Diakui Dudi, kegiatan IBA-X melalui Expo Belanda menjadi bentuk dukungan besar bagi para pengusaha produk pangan baik dari kalangan Alumni IPB maupun bukan Alumni IPB, agar mendapatkan peluang pasar yang semakin luas, terutama di Pasar Eropa.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi jalan untuk memperluas jejaring HA IPB dan ABC HA IPB dengan berbagai institusi, perusahaan dan kalangan profesional dari berbagai negara. Apalagi acara ini dihadiri lebih dari 40 negara.

Sedangkan Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank, RiyaninTirtoso mengatakan bahwa pameran yang diprakasai oleh DPP HA IPB memberikan peluang bagi pelaku UMKM.

Baca Juga  Kementan Gelar Pelatihan Cegah PMK

“LPEI sebagai lembaga pemerintah selalu mendukung kegiatan untuk kolaborasi dalam membangun ekosistem ekspor,’’ kata Riyani.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada HA IPB yang sudah membawa produk terbaik dari UMKM binaannya pada Expo Belanda.

“Saya berharap ini berkelanjutan, tidak berhenti sampai disini. Karena para UMKM tanpa bantuan institusi seperti HA IPB, akan sangat sulit ikut acara seperti in,’’ kata Mayerfas.

Sambutan yang sangat baik juga disampaikan Ronald N.F.Holman selaku Event Director Free From Functional Food Expo. Ia mengaku sangat senang dengan ikut sertanya HAIPB dalam kegiatan ini, dan sangat terkagum dengan produk-produk Indonesia.

Expo Belanda ini sendiri merupakan satu-satunya pameran dagang dan konferensi Free From dan Functional Food di Eropa, yang rutin digelar setiap tahun.

Gelaran kegiatan ini selain untuk mendapatkan informasi terbaru dalam pengembangan dan tren produk baru, juga menjadi jembatan dan sarana untuk memperluas jejaring antar berbagai stakeholder di bidang bisnis produk free from dan functional food, termasuk retailer, R&D, food service, industri kesehatan serta para profesional di bidang pangan. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *