Kukuhkan Pokdar Kamtibmas 2022 untuk Ciptakan Kondusivitas dan Keamanan Wilayah Kabupaten Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin bersama Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan lakukan Pengukuhan dan Pelantikan Ketua dan Pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Resort Bogor Tahun 2022, yang digelar di Auditorium Setda Kabupaten Bogor.

Pengukuhan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resort Bogor Tahun 2022, penting untuk dilakukan hal itu tertuang dalam Surat Keterangan Kopolri Nomor : SKEP/831/XI/2005 Tanggal 25 November 2005 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas, serta Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2492/IX/HUK.6.5/2019 Tanggal 18 September 2019 tentang Mendorong Pembentukan Pokdar Kamtibmas Tingkat Daerah/Resort/Ranting dan Pendayagunaan serta Pembinaannya.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta agar Ketua dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara mampu berperan aktif meningkatkan kesadaran hukum dan pembinaan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Saya sangat menyambut baik kemitraan Pokdar Kamtibmas bersama Polri, kami harap Pokdar Kamtibmas juga dapat membangun sinergi efektif bersama pemerintah daerah. Unsur Forkopimcam, lurah, kades dan organisasi masyarakat lainnya untuk sama-sama berusaha meningkatkan kesadaran hukum dan mencegah gangguan Kamtibmas di masyarakat,” kata Iwan.

Baca Juga  Publikasi Kinerja Kecamatan Sukajaya Sukses Gelar Pilkades Urug Dan Jayaraharja

Lanjut Iwan Setiawan menerangkan, bahwa Pokdar Kamtibmas hendaknya mengedepankan cara-cara persuasif dan edukatif dalam melakukan pembinaan serta senantiasa membangun komunikasi intensif dan efektif , dengan pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat agar tercipta keamanan dan kondusivitas wilayah.

“Saya minta peran aktif seluruh anggota Pokdar Kamtibmas yang telah dikukuhkan dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat di wilayahnya masing-masing. Selamat bertugas semoga bisa berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran hukum dan pembinaan dan ketertiban di masyarakat,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengatakan, luasnya wilayah Kabupaten Bogor perlu dukungan kuat dari Pokdar Kamtibmas untuk bersinergi bersama-sama untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga  PERDA RTRW KOTA BOGOR JADI PERCONTOHAN DI SUKABUMI

“Kami sangat berterima kasih kepada Pokdar Kamtibmas yang begitu besar membantu kami pihak Polres Bogor, karena wilayah Kabupaten Bogor yang sangat luas. Jika hanya mengandalkan 1.800 anggota polisi tidak akan terkelola dengan baik,” jelas Kapolres Bogor.

Ia juga menghimbau kepada Pokdar Kamtibmas untuk selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Forkopimcam. Bahkan dirinya meminta untuk mengaktifkan kembali Siskamling di 40 kecamatan dan 435 desa untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang aman, nyaman dan jauh dari berbagai tindakan kejahatan.

“Selamat kepada pengurus Pokdar Kamtibmas, mudah-mudahan semakin besar dan bertambah. Selain Pokdar Kamtibmas, kami juga memiliki mitra seperti JKU. JKU dan Pokdar Kamtibmas ini selalu sinergi, kolaborasi dan kerjasama dalam mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Bogor,” tambah Kapolres Bogor.

Baca Juga  Libur Lebaran, Polsek Parung Awasi Obyek Wisata

Ketua Pokdar Kamtibmas, Lulu Azhari Lucky mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi terkait dengan pembentukan sektor di tingkat Polsek dan kecamatan.

“Kita sebagai sukarelawan yang memang dipayungi Undang-Undang Kepolisian menjadi mitra yang baik dan terdepan untuk ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing khususnya di 40 kecamatan dan 435 desa,”imbuhnya.

Turut Hadir, Dandim 0621, Sekda Kabupaten Bogor, Kasi Intel Kejari, Plt. Asekbang, Kaban Kesbangpol dan Plt Asmin, serta camat dan Anggota Pokdar Kamtibmas se-Kabupaten Bogor yang hadir secara daring. (*/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *