Melongok Persiapan Perpustakaan Baru Kota Bogor, Siapkan Buku Digital hingga Gandeng Komunitas

by -
PERPUSTAKAAN: Pemkot Bogor segera meluncurkan gedung perpustakaan sebagai pusat bacaan bagi warga Bogor pada 17 Desember 2022 mendatang.

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor pada 17 Desember 2022 men­datang bakal meluncurkan gedung perpustakaan yang diharapkan bisa menjadi pu­sat bacaan bagi semua elemen, khususnya generasi muda.

Kepala Dinas Arsip dan Per­pustakaan Kota Bogor Agung Prihanto mengaku saat ini timnya tengah menyusun sekaligus mengecek buku-buku yang ada.

“Pembukaan nanti kami akan melibatkan seluruh komuni­tas yang ada di Kota Bogor,” kata Agung saat dikonfirma­si, kemarin.

Saat ini, timnya sudah mem­persiapkan 346 untuk buku umum dan 900 buku pelajaran. Bahkan, tak hanya buku bia­sa, ada juga versi digital yang bisa dinikmati pembaca dari pelbagai kalangan.

Sebelumnya, Wali Kota Bo­gor Bima Arya Sugiarto mela­kukan kunjungan ke Perpus­takaan Umum Daerah Pro­vinsi DKI Jakarta atau lebih dikenal dengan Perpustakaan Jakarta, Rabu (2/11).

Baca Juga  HMI Bogor 'Pamer' Pengurus Baru ke Walikota

Kunjungan kerja tersebut untuk mengetahui dan belajar pengelolaan perpustakaan yang berlokasi di area Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta sebagai persiapan sebelum peresmian gedung perpusta­kaan dan galeri di Kota Bogor.

Bima Arya disambut langs­ung Kepala Dinas Perpusta­kaan dan Arsip (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta Wahyu Haryadi dan jajarannya. Ia diajak berkeliling ke setiap sudut perpustakaan yang di­desain estetik.

Sambil berkeliling, ia menda­pat penjelasan mulai dari alur masuk pengunjung hingga fasilitas-fasilitas penunjang untuk memberikan kenyama­nan pengunjung yang datang.

Perpustakaan tersebut di­lengkapi sejumlah ruang baru. Antara lain, ruang multifung­si, ruang permainan anak, bilik cerita, ruang baca privat, ruang podcast, ruang inklusi, ruang komputer, dan ruang koleksi kejakartaan.

Baca Juga  Perpusnas Resmikan Gedung layanan Perpustakaan di Nias Utara

Tercatat, ada 319.601 eksem­plar yang ada di perpusta­kaan yang belum lama dires­mikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut.

Bima Arya mengucapkan apresiasi dan selamat untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah meny­ediakan perpustakaan modern dan nyaman seperti di Aus­tralia dan negara-negara lain. Ia mengaku mencatat banyak sekali poin dan masukan.

Setidaknya, ada tujuh poin yang bisa diambil dalam kun­jungan tersebut. Seperti kol­eksi, preservasi atau cara merawat buku, aktivasi me­libatkan komunitas, integra­si dengan perpustakaan lain, beautifikasi, inovasi, dan ko­mersialisasi agar tidak tergan­tung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Saya berterima kasih se­kali punya kesempatan belajar di sini. Nanti tim kita akan koordinasi untuk saling ber­kolaborasi. Mudah-mudahan yang tadinya pengunjung foto-foto, jadi baca dan pinjam buku. Itu targetnya,” ujarnya.

Baca Juga  Satpol PP Tertibkabkan Bangli dan Pekat

“Kehadiran perpustakaan yang nyaman bisa menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia. Hanya tinggal political will saja dari kepala daerah,” tuntasnya. (eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *