Memaknai G20 sebagai Pemersatu Indonesia

by -
Memaknai G20 sebagai Pemersatu Indonesia

Organisasi kelompok negara-negara penting di dunia, G20 (Group of Twenty), akan menyelenggarakan pertemuan puncak pada bulan ini. Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah untuk presidensi agenda penting tahunan pada tahun ini. Sejak penunjukan pada tahun lalu, Indonesia mengusung tema semangat pulih bersama, ‘Recover Together, Recover Stronger’, dengan fokus pada tiga sektor yakni; (1) Pengauatan arsitektur kesehatan global, (2) Tranformasi digital, dan (3) Transisi energi. Agenda G20 2022 merupakan kesempatan dalam merekatkan kehidupan berbangsa dan negara sekaligus untuk membangkitkan nasionalisme yang bisa memelihara keutuhan bagi masyarakat Indonesia.

Membingkai keanekara­gaman budaya

Sejarah perjuangan kemer­dekaan Indonesia berawal dari pergerakan maupun perjuangan yang memiliki kepentingan daerah nya masing-masing, sumpah pe­muda menjadi tonggak ikrar berbagai wilayah untuk men­jadi satu. Dinamika yang ter­jadi saat ini dengan semakin derasnya globalisasi, maka perubahan masyarakat teru­tama generasi muda saat ini cenderung lebih terpengaruh budaya asing dari luar ne­geri. Namun, ada juga bebe­rapa budaya daerah yang mendapatkan perhatian se­cara nasional, salah satu nya melalui penggunaan platform dari berbagai media sosial. Ini menandakan bahwa kean­keragaman budaya bisa di­promosikan pada khalayak luas, diiringi motivasi maupun semangat kebangsaan dalam rangka mensukseskan ‘Indo­nesia Maju’. Pertemuan-per­temuan yang telah dilakukan negara anggota G20 di Indo­nesia, diselenggarakan se­cara tersebar dengan maksud memperkenalkan ragam budaya dan berkesempatan memperkenalkan secara luas. Diharapkan Indonesia dikenal secara luas melalui berbagai kekayaan budaya yang dimilikinya, tetapi bisa harmonis satu sama lain.

Berkembangnya ancaman baru

Baca Juga  Indonesia dan Australia Sepakat Izinkan Warganya Melakukan Perjalanan

Pandemi Covid-19 benar-benar mengubah lanskap masyarakat di Indonesia, dampaknya sangat luar bia­sa untuk dirasakan. Bahkan, dampak yang dirasakan di dunia menyebabkan negara-negara melakukan berbagai upaya dalam mengatasi serta menekan dampak virus yang signifikan bagi kehidu­pan secara umum, disinilah tantangan yang menuntut solusi secara tanggap dan responsif. Indonesia sejak era milenium menghadapi banyak permasalahan yang mengancam eksistensi na­sional dari masalah teror­isme kemudian separatisme, Indonesia masih bisa me­nanggulangi berbagai anca­man tersebut. Ancaman yang tidak terduga dari sebuah virus biologis menggangu ketahanan nasional hingga global, menjadi salah satu fokus topik yang dibahas pada pertemuan G20. Pulih serta kuat bersama menjadi tema utama Indonesia men­jadi tuan rumah presidensi pertemuan kali ini, pada kondisi tersebut dukungan dari masyarakat sangat pen­ting agar tujuan tersebut bisa tercapai. Partisipasi ma­syarakat merupakan salah satu peranan penting untuk mengatasi permsalahan yang terjadi saat ini, dengan turut mengikuti hidup adaptasi kebiasaan baru serta selalu taat dengan protokol kese­hatan. Melalui disiplin dari diri kita sendiri sehingga negara kita kuat menghada­pi berbagai ancaman ke de­pan, perlu kebersamaan dalam membentuk persa­tuan untuk mengatasi anca­man yang tidak terduga se­perti saat ini.

Baca Juga  Ketua DPRD dan Tidar Dampingi Prabowo Salat Ied di Hambalang

Refleksi

Berbagai hal bisa jadi topik yang bisa menjadi pemba­hasan selama G20, tapi esensi kesadaran memeli­hara persatuan bagi masy­arkat Indonesia itu sendiri yang perlu ditingkatkan dan dilaksanakan secara berlanjut. Permsalahan yang tidak ter­duga serta jenis yang di­hadapi makin bervariasi, membutuhkan kesigapan kita untuk menjaga negara dari berbagai permasalahan yang mengancaman keutu­han nasional. G20 bisa men­jadi tonggak untuk memper­kuat nilai-nilai dalam mem­persatuan masyarakat Indo­nesia serta menegaskan bahwa kita selalu optimis mengenai berbagai perma­salahan yang dihadapi, se­hinnga kelancaran agenda penting tersebut akan men­jadi cerminan bagi bangsa untuk selalu mempelihara keharmonisan dengan keane­karagaman yang ada di In­donesia yang datang dari warisan leluhur.

Baca Juga  Menko Airlangga Utarakan Momen G20, GCRG dan COP26 Bikin Indonesia Ada di Posisi Sentral Pengaturan Transisi Energi

Penutup:

Sobat Nusantara merupakan aliansi yang terbentuk se­cara kebetulan di ruang dis­kusi tempat kopi yang dip­ertemukan karena persam­aan visi untuk sama-sama menjaga keutuhan NKRI. Menjalin seluruh persau­daraan dari Sabang sampai Merauke untuk peduli ter­hadap kebijakan negara. Siapa pun bisa bergabung dengan Sobat Nusantara apabila memiliki satu visi menjaga keutuhan NKRI. (*)

Oleh: Aliansi Sobat Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *