Nggak Cuma Desak-desakan di Tenda Darurat, Pengungsi Gempa Cianjur kini Harus Menahan Lapar Lantaran Kekurangan Makanan

by -
Selain berdesak-desakan dalam tenda darurat, pengungsi korban gempa Cianjur juga dihadapkan pada minimnya pasokan makanan. (Foto:Radar Cianjur)

METROPOLITAN.id – Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada Senin 24 November 2022 meluluhlantakkan beberapa titik di wilayah tersebut. Salah satu yang terdampak cukup parah yakni Kampung Cibelenghilir, Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.

Dikutip dari Radarcianjur.com, diperkirakan 95 persen rumah yang ada kampung Cibelenghilir mengalami kerusakan parah. Beberapa diantaranya bahkan rata dengan tanah.

Kondisi itu diperparah dengan belum terpenuhinya kebutuhan logistik untuk para korban seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan tidur hingga tenda. Alhasil, warga hanya mengandalkan kebutuhan seadanya.

Tenda yang layak pun hanya tenda yang dimilik TNI AD serta swadaya masyarakat.

“Di sini rumah hancur rata-rata 95 persen. Bahkan satu RW rusak parah. Yang diperlukan sekarang makanan, obat-obatan, perlengkapan atau alas untuk tidur dan tenda,”  kata Ketua RT 04/01 Desa Cikancana, Dadun Suherlan seperti dikutip dari Radarcianjur.com, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga  Puluhan Rombongan Bus Aremania Diserang di Tol Jagorawi

Hingga saat ini, kata dia, masyarakat pun tidak ada keinginan sama sekali untuk memasuki rumah. Sebab warga masih dihantui trauma dan ketakutan yang begitu besar. Belum lagi gempa susulan yang beberapa kali kerap terjadi.

“Nggak ada yang berani ke rumah, semua ketakutan dan khawatir. Apalagi adanya gempa susulan,” tuturnya.

Kondisi tersebut juga diungkapkan oleh Lala (39), salah satu pengungsi di Kampung Cibeleng Hilir Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong. Warga kini harus rela berdesak-desakan lantaran tenda yang ada kurang menampung masyarakat yang mengungsi keluar rumah.

“Masih kurang ini juga, kita sampai desak-desakan di dalam. Terus kita perlu untuk makan juga, bahkan kalau nggak ada makanan sampai nahan lapar,” tuntas Lala. (kim/rcjr/ryn)

Baca Juga  Jaksa KPK Ogah Beberkan Nama Saksi-Saksi dalam Persidangan Lanjutan Ade Yasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *