PDAM Kahuripan Sinergi dengan Pemkab Bogor Lakukan Lokakarya Rencana Bisnis 2023–2027

by -
PEMBUKAAN: Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan membuka kegiatan Lokakarya Rencana Bisnis Perumda Air Minum Tirta Kahuripan di Aston Sentul Lake & Conference, Senin (21/11).

METROPOLITAN – Plt Bu­pati Bogor Iwan Setiawan hadiri kegiatan Lokakarya Rencana Bisnis Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Ka­bupaten Bogor Tahun 2023–2027 yang berlangsung di Aston Sentul Lake & Confe­rence, Senin (21/11).

Untuk diketahui, bahwa dinamika dan pertumbuhan penduduk yang terus mening­kat dan terbatasnya sumber daya air minum, Tirta Kahu­ripan terus berinovasi, me­ningkatkan pemanfaatan teknologi, dan mengembang­kan strategi untuk mening­katkan pelayanan kepada pelanggan.

Bahkan, sudah tertuang dalam Pemendagri Nomor 118 Tahun 2018 tentang Ren­cana Bisnis, Rencana Kerja dan Anggaran, Kerja Sama, Pelaporan dan Evaluasi Ba­dan Usaha Milik Daerah (BUMD), telah mengama­natkan direksi serta jajaran­nya wajib menyusun ren­cana bisnis untuk jangka waktu lima tahun.

Iwan Setiawan mengatakan, saat ini tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima terus meningkat. Untuk itu, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor perlu menerapkan prinsip-prinsip good corpo­rate governance dan menyusun rencana bisnis yang terukur sejalan dengan visi Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menjadi kabu­paten termaju, nyaman, dan berkeadaban.

Baca Juga  Ade Nakhodai Dewan Pengawas PDAM Jabar

”Untuk itu, perlu sinergi dan kolaborasi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dengan pe­merintah maupun swasta dalam hal investasi dan pen­dataan untuk memperluas akses air bersih bagi masy­arakat Kabupaten Bogor. Ka­rena itu, saya mohon dukungan dari seluruh stakeholder. Dan saya harap rencana bisnis ini dapat diimplementasikan tepat waktu,” ungkap Iwan.

Menurut Iwan, Perumda Tirta Kahuripan sebagai salah satu BUMD terlama dan ter­besar yang dimiliki Kabupaten Bogor harus menjadi contoh dan yang terdepan dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat. Pertahan­kan gelar BUMD Air Minum terbaik se-Jawa Barat dan sebagai BUMD Air Minum yang memberikan kontri­busi deviden kepada pemerin­tah daerah terbesar se-Indo­nesia.

”Penghargaan tersebut ha­rus jadi pemacu untuk lebih baik lagi dan mengejar di bi­dang yang masih tertinggal sehingga dapat menjadi pe­rusahaan air minum termaju dan terbaik di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga  Kecelakaan Mobil Sedan Hitam Di Jalan Tegar Beriman Cibinong.

Sementara itu, Direktur Umum Perumda Air minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Abdul Somad menga­takan, Lokakarya Rencana Bisnis Perumda dilakukan untuk menyosialisasikan ren­cana bisnis perusahaan, khu­susnya untuk mendapatkan masukan yang konstruktif agar perencanaan kegiatan Pe­rumda Tirta Kahuripan tetap on the track di berbagai aspek.

Saat ini, ia mengaku telah merencanakan berbagai pro­gram menyangkut aspek tek­nis dan nonteknis. Pertama, sambungan saat ini yang ter­daftar sebanyak 178.521 sam­bungan. Untuk cakupan layanan administratif ada 29,04% atau baru 26 kecama­tan yang dapat terlayani dari 40 kecamatan. Ketiga, kapa­sitas produksi air 2.249 liter/detik.

”Diharapkan lima tahun ke depan secara garis besar kami merencanakan beber­apa program. Yakni, mengop­timalkan rehabilitasi yang ditujukan kepada fungsi pe­manfaatan sarana, baik kua­litas, kuantitas, dan konti­nuitas. Program peng­embangan penambahan kapasitas, menambah peman­faatan sarana dan prasarana selain yang telah ada maupun belum ada, dengan tujuan meningkatkan rasio air bersih yang lebih luas ke masyarakat,” terangnya.

Baca Juga  Bayar Tagihan Air tak Perlu ke Loket

Selain itu, ada program penekanan kehilangan air, baik itu teknis maupun non­teknis, juga program peng­embangan keuangan yaitu pembangunan sistem peng­elolaan keuangan dalam mewujudkan tata kelola pe­rusahaan yang baik. Program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan program pengembangan, teknologi informasi untuk penginte­grasian sistem informasi guna meningkatkan dan me­mudahkan kepada pelanggan.

”Serta program peng­embangan manajemen tata kelola pemerintahan yang baik dan terbebas korupsi dan nepotisme. Rencana program yang telah disusun diharapkan kondisi PDAM menjadi jauh lebih baik,” tandasnya. (*/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *