Pembukaan Kantor ATR/BPN Bogor Barat Butuh 100 Pegawai Pengalaman

by -
KONFIRMASI: Kepala kantor BPN Kabupaten Bogor, Yan Septedyas, saat dikonfirmasi wartawan. Ia pun menargetkan 1.584 bidang tanah siap disertifikatkan.

METROPPLITAN.id – Rencana Kantor ATR/BPN ingin membukan kantor perwakilan di Bogor Barat, sepertinya sulit terealisasikan dalam waktu dekat. Meskipun kebutuhan infrastruktur telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Kepala Kantor ATR/BPN Ka­bupaten Bogor Yan Septe­dyas mengatakan, dengan adanya kantor perwakilan BPN di Bogor Barat msmang dapat mempermudah pelayanan masyarakat yang tinggal jauh dari Cibinong, seperti Sukajaya, Cigudeg, Jasinga dan beberapa kecamatan lainnya.

“Nantinya seperti di wilayah timur itu sangat membantu masyarakat disana. Karena pelayanan lebih dekat kepada masyarakat,” kata Dyas.

Namun untuk membuka kantor perwakilan di wilayah Bogor Barat, Dyas mengaku butuh waktu untuk mempersiapkannya. Mulai dari infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), hingga perisapan lainnya agar kantor ATR/BPN dapat maksimal dalam melayani masyarakat.

Baca Juga  Roma Vs Braga: Serigala Ibu Kota Ke 16 Besar Usai Menang 3-1

“Kemarin dari Pemkab Bogor sudah membantu untuk mempersiapkan infrastrukturnya. Tinggal dari kami sedang membuat RKA untuk kebutuhan lainnya. Yang paling terpenting SDM, karena itu sangat berpengaruh kelelayanan,” paparnya.

Dyas menyebutkan berkaitan SDM, pihaknya harus berkoordinasi lebih jauh dengan pemerintah pusat. Sebab, pemerintah pusat yang dapat menentukan kebutuhan pegawai untuk kantor baru.

Dalam membuka kantor baru tersebut, Dyas menyebutkan setidaknya memerlukan 75 sampai 100 orang pegawai. Untuk awal-awal kantor ATR/BPN di Bogor Barat nantinya akan diisi oleh pegawai dari ATR/BPN Kabupaten Bogor.

Begitu juga saat dibuka nanti, lanjut Dyas, kantor ATR/BPN Bogor Barat tidak bisa langsung melakulan pelayanan, sebab pihaknya harus melakukan sosialisasi dan migrasi data ke kantor yang baru.

Baca Juga  Ayo Tampil Beda Dengan Twinkle-Twinkle Little Skirt

“Yang Bogor Timur saja kita butuh waktu sekitar dua tahun untuk mempersiapkannya, hingga seperti saat ini bisa mandiri,” kata dia.

Rencananya kantor tersebut akan melayani empat kecamatan, namun hal tersebut masih bisa ditambah sesuai dengan usulan dari Pemkab Bogor.

“Wilayah yang nantinya akan dipindahkan pelayananya kalau kemarin kan empat kecamatan, nanti mungkin bisa naik lagi kita belum dapat yang pastinya berapa,” kata dia.

Jika kantor ATR/BPN Bogor Barat di buka, maka di Kabupaten Bogor setidaknya ada tiga kantor ATR/BPN.

“Sebenarnya untuk 40 kecamatan masih belum ideal, apalgi melihat letak geografis Kabupaten Bogor seperti ini,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *