SMAN 2 Cibinong Punya Sepuluh Layanan Digital School SMAVO

by -
PROGRAM: Peresmian Kantin Digital di SMAN 2 Cibinong, beberapa waktu lalu. Ini merupakan salah satu program Digital School SMAVO.

METROPOLITAN – Datang­nya era digitalisasi tak dapat ditolak siapa pun. Termasuk di lingkungan sekolah. Namun hal ini sudah diantisipasi Ke­pala SMAN 2 Cibinong Kabu­paten Bogor, Elis Nurhayati.

Sebagai seorang pendidik pada satuan pendidikan di lingkungan Cabang Dinas Pen­didikan (Cadisdik) wilayah I Jawa Barat (Jabar), Elis berko­mitmen mewujudkan sekolah ramah anak melalui pendeka­tan digital.

Konsep tersebut telah dila­kukan di SMAN 2 Cibinong, dengan menggulirkan sepuluh Layanan Digital School SMAVO sejak 2021. Adapun SMAVO merupakan tagline dari SMAN 2 Cibinong yang memiliki arti Smart, Millennials, Awesome, Visioner, Outstanding.

“SMAVO Digital School telah menjadi bagian aktivitas di SMAN 2 Cibinong yang meli­puti sepuluh layanan digital, seperti buku elektronik (e-book), perpustakaan elektronik (e-library), absensi elektronik (e-attendance), buku tamu elek­tronik (e-guest book), mading elektronik (e-wall magazine), kantin elektronik (e-canteen), layananan kesehatan (e-health service), e-counseling dan e-document hingga e-asset,” bebernya.

Baca Juga  Tenang, Formasi CPNS Guru Tetap Ada

Saat ini, Elis juga tengah mengembangkan smart card SMAVO sebagai kartu identitas elektronik peserta didik, guru dan tenaga administrasi seko­lah. Kartu elektronik ini men­jadi media presensi atau keha­diran yang merupakan peng­embangan dari absensi face recognition. Termasuk ber­fungsi memudahkan warga sekolah mengakses perpusta­kaan atau e-library serta mam­pu merekam catatan kegiatan warga sekolah.

“Smart Card SMAVO yang kami kembangkan juga ber­fungsi untuk kartu elektronik layanan kesehatan di UKS, kartu pembayaran non tunai atau cashless payment pada kantin digital SMAVO dan Top up saldo e-money,” ungkapnya.

Inovasi lainnya di samping smart card, lanjut Elis, adalah assesment atau penilaian ber­basis digital untuk membangun integritas peserta didik pasca­pandemi dan learning loss melalui penilaian berbasis digital.

Baca Juga  Bangga Bisa Bikin Ortu Duduk di Bangku VIP saat Wisuda  

“Pada 2022 inovasi lain yang juga kita kembangkan adalah inovasi sarana podcast untuk pengembangan life skill pe­serta didik dalam bidang bro­adcasting dan impromtu spea­king untuk melatih kemam­puan berbicara di depan umum secara spontan,” ujarnya.

Tak hanya dari sisi keman­faatan, sambung dia, berbagai capaian layanan digital sekolah yang dikembangkan SMAN 2 Cibinong merupakan imple­mentasi yang selaras dengan Program Sekolah Penggerak (PSP), salah satunya bagai­mana sekolah mempercepat digitalisasi sekolah.

“Alhamdulillah, layanan-layanan digital kami, seperti laporan kehadiran/absensi dan suhu tubuh, laporan kesehatan peserta didik dr dokter UKS, sudah ternotifikasi ke para orang tua melalui aplikasi mobile dan dan kantin SMAN 2 Cibinong melalui Google Playstore,” ucapnya.

Wanita kelahiran Tasikmalaya, 12 Februari 1969 ini mengung­kapkan, selain keinginan mem­berikan yang terbaik bagi se­kolah yang dipimpinnya, ada satu pesan yang selalu men­jadi pegangannya yakni sem­boyan “Ingarso Sung Tulodo”, bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dapat menjadi teladan sekaligus role model bagi guru, tenaga kependidikan dan warga sekolah.

Baca Juga  RS PEKA GELAR TURNAMEN FUTSAL

Tak ayal dalam menjalani hari-harinya sebagai kepala SMAN 2 Cibinong, sosok Elis Nurhayati telah banyak me­lahirkan sederet prestasi, baik prestasi pribadi maupun pre­stasi bagi sekolah yang dipim­pinnya. Sebut saja, Kepala Sekolah dengan Prestasi Ki­nerja Terbaik se-Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat periode 2019, 2020 dan 2021. Pada 2019, Elis Nur­hayati bahkan mendapat penye­matan prestasi sebagai Juara Pertama Kepala Sekolah Ber­prestasi dan Penilaian Pre­stasi Kinerja Terbaik 2018. (dr/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *