Tinjau Lokasi Bencana Gempa Cianjur, Jokowi Janjikan Bantuan Rehabilitasi Rumah Rusak

by -
Presiden RI Joko Widodo menyambangi lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Kamis 24 November 2022. (Foto:Radar Cianjur)

METROPOLITAN.id – Hari keempat pasca bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendatangi lokasi bencana, Kamis 24 November 2022. Selain memantau proses evakuasi dan distribusi bantuan, presiden juga berjanji akan memberikan bantuan rehabilitasi bagi rumah yang rusak.

Menurut Jokowi, pemerintah saat ini fokus pada evakuasi dan memastikan semua titik bencana terjangkau distribusi bantuan.

“Terpenting sekarang evakuasi dan distribusi selesai. Baru setelah itu babak berikutnya yakni rehabilitasi rumah-rumah terdampak,” katanya dikutip dari radarcianjur.com, Kamis 24 November 2022.

Terkait bantuan rehabilitas rumah warga yang rusak, Jokowi memerinci akan memberikan uang bantuan Rp50 juta untuk warga yang rumahnya mengalami rusak berat.

Baca Juga  Song Seung Hoon Tak Sabar Ingin Jadi Ayah

Sedangkan untuk rumah sedang akan diberi bantuan Rp25 juta dan rumah rusak ringan Rp10 juta. Bantuan tersebut akan diberikan dengan beberapa skema. Mulai dari yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga dibantu TNI.

“Dan ada yang diserahkan kalau memang itu cepat. Kita tidak terpaku pada satu cara,” ujarnya. 

Jokowi tidak datang sendiri. Ia meninjau lokasi bencana bersama rombongan didampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, serta Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Rombongan mendatangi dua tempat yakni RSUD Sayang di Kecamatan Cianjur dan posko pengungsian di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang.

Di lokasi pertama Jokowi meninjau jumlah pasien korban terdampak gempa bumi di RSUD Sayang. Ia menyebut jumlah pasien saat ini sudah banyak berkurang.

Baca Juga  Pamela Safitri Dapat Duit Banyak

“Tadi saya juga sudah mendatangi RS memang awal ada 741 pasien yang masuk RS tapi tadi tinggal 24 orang. Karena sebagian ada yang dirujuk ke Jakarta dan Bandung dan yang lain sudah diperbolehkan pulang,” tuntasnya. (rcjr/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *