Waspada Gempa Susulan di Cianjur, Wisatawan Diimbau nggak Liburan dulu ke Puncak

by -
LENGANG: Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, lengang dampak gempa Cianjur, Senin (21/11).

METROPOLITAN – Ben­cana gempa bumi yang ter­jadi di Cianjur, membuat banyak pihak berdatangan membawa bantuan. Termasuk kendaraan yang melintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, mengarah ke Cianjur.

Wisatawan yang hendak liburan ke Puncak, Bogor, pun diminta tetap waspada ka­rena masih ada potensi gem­pa susulan.

Menurut Danramil Cisarua- Megamendung, Tb Eka Pur­nama, jalan nasional Puncak, Cisarua, terus dilintasi am­bulans hingga mobil pribadi yang bermuatan bahan-bahan logistik. Bantuan terus men­galir pascagempa Cianjur.

Dari pengamatannya di la­pangan, mobil yang mengang­kut barang logistik itu diper­kirakan melintas sepuluh menit sekali dari Bogor menu­ju Cianjur.

“Terdengar jelas suara am­bulans yang melintas di jalur Puncak ini dari pagi, siang, hingga malam. Kalau saya lihat. Ini hanya khusus para petugas yang ikut penanganan bencana,” kata Eka, Rabu (23/11).

Baca Juga  5 Fakta Gempa dan Tsunami Aceh, 15 Tahun Sudah Berlalu Buat Ratusan Ribu Orang Meninggal

Ia melanjutkan, jalan lintas Puncak nasional ini sudah beberapa hari senggang sejak adanya bencana Cianjur. Ba­hkan lancar, tidak ada kema­cetan.

Padahal, sebelum terjadi bencana gempa Cianjur, Jalan Raya Puncak mengalami ke­macetan di beberapa titik. Seperti Pasar Cisarua, Taman Safari, hingga Cipayung.

“Tapi sudah beberapa hari ini Jalan Raya Puncak, Cisarua, lancar. Bahkan, ada warga di jalan raya yang mencari sumbangan peduli gempa Cianjur. Menurut saya, ini antusiasme warga bahwa warga Bogor sangat peduli,” ujarnya.

Secara umum, ambulans hanya digunakan untuk mengantarkan pasien keada­an sakit yang memerlukan penanganan cepat atau jena­zah.

“Kendaraan ambulans itu selain boleh digunakan mem­bawa orang sakit ataupun jenazah, bila darurat boleh digunakan membawa barang-barang logistik adanya ben­cana di suatu tempat. Namun baru kali ini berbeda dengan adanya bencana di Cianjur, mobil ambulans itu mem­bawa barang-barang seperti alat kesehatan yang baru-baru ini terlihat,” jelas Eka.

Baca Juga  SMAN 1 Cisarua Belum Siap UNBK

Ia memprediksi geliat eko­nomi warga Puncak akan sedikit menurun akibat ben­cana gempa Cianjur. Namun, ia berharap dampak bencana segera teratasi.

“Imbauan dari kami untuk wisatawan yang akan liburan ke Puncak, alangkah baiknya ditangguhkan. Karena situa­si geografis pascagempa belum stabil. Khawatir ada gempa susulan, saya sampaikan ini untuk keamanan semuanya,” pungkasnya. (jal/c/ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *