Kota Bogor terus berusaha mewujudkan dirinya sebagai Smart City. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah, adanya transparansi dalam pengelolaan kota, agar masyarakat bisa ikut mengawasi jalannya setiap kegiatan yang dilakukan pemerintah kota. Dalam rangka memenuhi syarat tersebut, pada 28 April 2019 Pemerintah Kota Bogor meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (Sibadra). MELALUI aplikasi ini warga Kota Bogor dengan mudah bisa menyampaikan berbagai aspirasi kepada Pemerintah Kota Bogor. Aspirasi itu bisa berupa kritik maupun saran, pengaduan serta masukan lain yang diperlukan untuk melancarkan proses pembangunan kota ini. Setelah berjalan dua tahun lebih, aplikasi layanan informasi dan pengaduan ini terus dievaluasi. Tujuannya, agar SIBadra tetap efektif dalam menyalurkan aspirasi masyarakat serta memberikan kemanfaatan lebih banyak bagi masyarakat. Dari hasil evaluasi itulah kemudian dilakukan pembenahan dan penyempurnaan terhadap aplikasi ini. Baru baru ini salah satu penyempurnaan dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor untuk lebih mengefektifkan SiBadra. Dengan penyempurnaan itu, sekarang warga Kota Bogor dapat mengakses layanan Sibadra cukup dengan memanfaatkan Whatsapp. Hubungi saja nomor 0811-9600-0060. ”Itu fitur baru dalam layanan SiBadra. Sekarang warga bisa melaporkan aduan, cukup hanya dengan mengirimkan pesan melalui Whatsapp di nomor 0811-9600-0060,” kata Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat, Kamis (16/9/2021). Rahmat mengatakan, melalui pesan WA tersebut warga Kota Bogor dapat menyampaikan berbagai saran dan berbagai pengaduan. Bisa berupa pengaduan tentang pungutan liar yang meresahkan, fasilitas umum yang rusak atau adanya pelanggaran protokol kesehatan. Bisa juga mengadukan tentang gangguan seperti lampu lalulintas mati, pohon tumbang, atau menyampaikan informasi tentang penemuan orang hilang.
-
-
-