Minggu, 29 Januari 2023

Geografi FMIPA UI Mengabdi: Program Pemetaan Partisipatif Sumber Daya Alam dan Situs Bersejerah oleh Siswa Sekolah Menengah (SMA) di Kota Depok

- Rabu, 30 November 2022 | 16:30 WIB

Metropolitan - Kota Depok merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak sumber daya alam dan situs bersejarah. Namun, belum banyak masyarakat setempat yang mengembangkan sistem informasi mengenai pengetahuan lokal mengenai hal tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu teknologi yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk memudahkan dalam memberikan informasi pengetahuan lokal terkait dengan situs bersejarah yang perlu dilestarikan maupun sumber daya alam setempat. Selain SIG, metode pemetaan partisipatif menjadi pilihan yang tepat untuk melibatkan masyarakat lokal mengumpulkan informasi/data yang akurat dan mempublikasikan kepada khalayak. Sehubungan dengan hal itu, Tim Pengabdi dari Departemen Geografi FMIPA UI yang diketuai oleh Iqbal Putut Ash Shidiq. M.Sc., Ph.D dan Ratri Candra, M.Si selaku anggota tim melakukan kegiatan program pengabdian masyarakat berupa pemetaan partisipatif yang bermitra dengan siswa dan guru SMA/SMK sederajat di Kota Depok, Jawa Barat. Tema pemetaan partisipatif yang diangkat adalah mengenai situs sejarah dan sumber daya alam dengan menggunakan aplikasi ArcGIS Story Maps. Rangkaian kegiatan ini meliputi sosialisasi program, pelatihan pemetaan, pendampingan, serta kegiatan lomba pemetaan partisipatif. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemetaan berlangsung secara daring dalam kurun waktu dua minggu, dimulai pada pada tanggal 28 Mei hingga 11 Juni 2022. Program pengabdian ini diikuti oleh siswa dan guru dari 6 SMA/SMK/sederajat di Kota Depok dan mahasiswa Departemen Geografi FMIPA UI kelas pemetaan partisipatif tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 orang. Materi pelatihan yang disampaikan antara lain tentang penggunaan Story Maps, Google Maps, Avenza dan Geo Tagging dalam proses pemetaan.
-
ArcGIS Story Maps dari Esri adalah platform penceritaan digital yang berpusat pada penempatan kumpulan data digital dalam format naratif yang memungkinkan pembuat konten untuk menambahkan teks, foto, video, model 3D, dan peta yang dibuat menggunakan antarmuka pemetaan online ESRI. Sebelum pembuatan Story Maps, para siswa mengumpulkan data primer sesuai tema terlebih dahulu yang terdiri dari data dokumentasi dan data spasial berupa point, line, poligon menggunakan aplikasi Avenza.
-
Pada 11 Juni 2022, siswa-siswi SMA/sederajat Depok telah mempresentasikan hasil pemetaan Story Maps di depan Juri dan Ketua Program Studi S1 Departemen Geografi. Story Map tema sumber daya alam meliputi Perkebunan Belimbing, Situ Rawa Besar, Taman Hutan Raya Depok, Danau Cinere, dan Hutan Kota UI. Sedangkan untuk tema sejarah meliputi Sejarah Jalan KH. Muhammad Yusuf Raya, Sejarah Kecamatan Cinere, Sejarah Monumen Cornelis Chastelein, Sejarah Tugu Batu Sawangan, Sejarah Alun-Alun Kota Depok, dan Sejarah Halte KA Pondok Rajeg (PDRG). Sebagai penutup program pengabdian ini, diadakan kegiatan lomba pemetaan partisipatif denga produknya berupa Story Maps. Berdasarkan hasil penjurian didapatkan nilai tertinggi dan pemenang dalam komposisi dan presentasi Story Maps tema sumber daya alam dan sejarah dimenangkan adalah sebagai berikut. 1. Juara 1: SMAN 3 2. Juara 2: SMAN 9 3. Juara 3: SMAIT Pesantren Nururrahman
-
Tim pengabdi berharap dengan rangkaian kegiatan program pengabdian masyarakat ini masyarakat Depok khususnya siswa-siswi SMA di Kota Depok dapat memanfaatkan peran Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai media untuk mengenal dan mempublikasikan potensi sumber daya alam serta situs bersejarah yang ada. Lebih dari itu setelah mengenal potensi sumber daya alam dan sejarah diharapkan mampu melahirkan sikap menjaga, melestarikan dan mengembangkan potensi di wilayah sekitarnya.

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Tirta Kahuripan kolaborasi dengan KP2C jaga sungai

Kamis, 19 Januari 2023 | 16:12 WIB

Memahami dan Menumbuhkan Ekonomi Kreatif

Rabu, 28 Desember 2022 | 00:15 WIB
X