Kamis, 9 Februari 2023

Pembangunan Sodetan Ciliwung-KBT Tunggu Putusan Pengadilan

- Selasa, 26 Januari 2016 | 09:01 WIB

METROPOLITAN.ID | Jakarta - Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), masih menunggu hasil sidang class action yang diajukan warga. Diharapkan Pengadilan Negeri Jakarta Timur segera mengeluarkan putusan secepatnya, agar pembangunan bisa dilanjutkan segera.

"Pembangunan sodetan Ciliwung-KBT saat ini masih menunggu putusan pengadilan atas gugatan class action yang diajukan warga Bidaracina," ujar Bambang, Senin (25/1).

Hal ini, lanjut Bambang, membuat pihaknya belum bisa melakukan penertiban terhadap ratusan bangunan yang ada di wilayah Bidaracina, Jatinegara. Terlebih pelaksanaan pembangunan sodetan ini dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Bambang, kewenangan Pemkot Jakarta Timur hanya untuk melakukan pengukuran dan penertiban bangunan. "Namun kalau BBWSCC minta dilaksanakan penertiban sekarang tanpa harus menunggu hasil class action, ya kami siap saja kapanpun," kata Bambang seperti dikutip dari laman berita resmi Pemprov DKI Jakarta.

Program normalisasi Ciliwung dan sodetan sangat mendesak untuk mengatasi banjir dan genangan yang terjadi di lingkungan sekitar saat musim hujan seperti saat ini. Sodetan ini juga bisa mengurang debit air sekitar 60 meter kubik per detik. Angka tersebut jika dibiarkan dalam waktu satu jam berturut-turut dapat menyebabkan banjir.(www.beritasatu.com)

Editor: admin metro

Terkini

Pesawat Susi Air Dibakar, Pilotnya Disandera OPM

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:04 WIB
X