Senin, 30 Januari 2023

Jelang Lebaran, Harga Cabai Selangit

- Sabtu, 25 Juni 2016 | 09:47 WIB

METROPOLITAN - Pertengahan bulan suci Ramahan, komoditas cabai merah mengalami kenaikan harga sekitar Rp2000. Dari harga sebelumnya atau semula Rp22 ribu, kini menjadi Rp24 ribu per kilogram­nya. Sementara komoditas sayuran lain­nya seperti cabai rawit merah dan wortel mengalami penurunan harga. ”Pertenga­han puasa ini hanya cabai merah yang mengalami kenaikan harga,” ujar Kabid Perdagangan Diskoperindag Kota Suka­bumi Wahyu Setiawan.

Adanya kenaikan pada komoditas ter­sebut, kata Wahyu, disebabkan suplainya mengalami penurunan yang berakibat naiknya harga komoditas. ”Sedangkan beberapa harga komoditas yang turun, salah satunya bisa diakibatkan pasokan dari daerah lain melimpah tetapi permin­taan tetap,” ujarnya.

Wahyu juga mengatakan, beberapa ko­moditas strategis yang harganya masih terpantau stabil, di antaranya beras jenis Ciherang dengan harga masih di kisaran Rp9.600 per kilogram, beras IR 64 kualitas I masih berada di kisaran Rp9.200 per kilo­gram dan beras IR 64 kualitas II Rp12 ribu per kilogram. Gula pasir masih bertahan di kisaran Rp13.500 per kilogram dan tepung terigu Rp7.500 per kilogram. Sedangkan minyak goreng curah turun dari Rp12.000 menjadi Rp11.500 per kilogram.

Wahyu tidak memungkiri jika mende­kati Lebaran nanti permintaan akan me­lonjak. Bahkan, harga pun akan ikut naik. ”Kita berupaya menanggulanginya agar tidak terjadi gejolak di lapangan,” pung­kasnya.

Dari pengalaman Ramadan tahun-tahun sebelumnya, harga yang naik ada di be­berapa komoditas, misalnya daging ayam, daging sapi, telur serta beras. Kebanyakan komoditas yang mengalami kenaikan yaitu sayuran dan bumbu.

(ner/els/run)

Editor: admin metro

Terkini

Polres Bogor Gandeng Brimob Gencarkan Patroli Malam

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:21 WIB
X