Sabtu, 4 Februari 2023

1 Tewas, 1 Selamat dan 1 Hilang

- Senin, 27 Mei 2019 | 13:00 WIB

METROPOLITAN - Tiga kuli bangunan jatuh setelah kanopi yang menempel di bagian atas bangunan copot dan menim­panya saat berdiri di atas pelat besi. Satu pekerja tewas, satu orang selamat dan satu lainnya masih proses evakuasi atau hilang.

Peristiwa yang berlangsung sekitar pu­kul 08:30 WIB itu bermula saat tiga pe­kerja, Gareng, Sobirin dan Bisri, berada di bagian belakang bangunan tepat di atas Sungai Cicatih, Kompleks Pertokoan Cibadak, Sukabumi. "Saya nggak melihat langsung. Tiga teman saya itu memang bagian mengerjakan di belakang, sementara saya di depan. Tiba-tiba ada suara benda jatuh. Saya langsung merasa itu teman-teman saya jatuh," kata Sobari (33), salah seorang teman korban, kema­rin.

Pekerja bernama Gareng di­temukan selamat oleh warga. Menyusul kemudian Bisri yang sempat tertimbun kanopi di­temukan tewas. "Gareng selamat, sementara Bisri meninggal di tempat. Satu lagi teman saya, Sobirin, belum diketahui na­sibnya. Posisi mereka berada di sungai, sempat tertimbun kanopi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahaan dan Rescue dari Damkar Kabupaten Sukabumi, Untung Waluyo, mengaku saat ini petugas masih melakukan evakuasi pencarian satu korban yang masih belum ditemukan. "Kita masih melakukan upaya pencarian dengan tim gabung­an relawan. Dugaan semen­tara, korban terbawa arus sungai," katanya.

Terpisah, Kapolsek Cibadak Kompol Suhardiman menjela­sakan, pihaknya langsung men­datangi lokasi kejadian dan melakukan upaya pencarian korban serta memasang garis polisi di ruko yang sedang di­bangun. "Begitu mendapatkan laporan, kita bersama anggota langsung mendatangi lokasi. Dugaan sementara, konstruk­si bangunan tidak kuat mena­han beban sehingga ambruk," kata Suhardiman.

Setelah mencari keterangan beberapa saksi, tuturnya, pi­haknya mengamankan dua orang dalam insiden tersebut. Di antaranya pemilik ruko dan pemborong bangunan untuk dimintai keterangan. "Du­gaan sementara, konstruksi tidak kuat menahan beban hingga roboh ke sungai ka­rena bangunan berdiri di ban­taran sungai. Diduga ada kelalaian keselamatan kerja. Sementara kedua orang yang diamankan disangkakan KU­HP 359 dan UU Konstruksi No 2 Tahun 2018," pungkasnya. (dtk/can/ade/rez/run)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Sabtu Pagi Bogor Diguncang Gempa, Ada yang Terasa?

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:50 WIB

Menghilangkan Bau Durian Secara Ampuh, Begini Tipsnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:11 WIB

SMKPP Kementan Bekali Calon Wirausaha Muda Pertanian

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:00 WIB
X