Jumat, 3 Februari 2023

Gembleng Aparatur hingga Tingkatkan Infrastruktur

- Kamis, 25 Juli 2019 | 10:27 WIB

METROPOLITAN - Pemerintah De­sa (Pemdes) Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, bersama warga me­realisasikan pembangunan infrastruk­tur. Kegiatan itu bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I, Anggaran Penda­patan dan Belanja Negara (APBN) 2019, kurang lebih Rp178 juta.

Empat titik kegiatan pun menjadi skala prioritas setelah melalui Rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Mursenbang) 2018 yang direalisasikan tahun ini. Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Desa Bojong Undang mengatakan, empat lokasi itu antara lain rehab Po­syandu Kencana di RT 01/07 guna mengecek kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) juga tengah dilaksanakan di Kampung Bojonghilir, RT 03/10, sepanjang 25 meter dan tinggi satu meter. ”Lokasi selanjutnya pengecoran jalan desa (jaldes) di Kam­pung Bojong, RT 01/01, sepanjang 110 meter, dengan lebar 2,5 meter,” beber Undang kepada Metropolitan, kemarin.

Lokasi lainnya di Kampung Bobojong, RT 02/13, yakni pembangunan jalan lingkungan (jaling). ”Iya, sama betoni­sasi juga sepanjang 100 meter,” terang­nya. Ia menambahkan, pada penyerapan DD I ini direalisasikan juga peningka­tan kapasitas aparatur Desa Bojong. ”Sedangkan pada pelaksanaan infra­struktur, program Padat Karya Tunai (PKT) diberlakukan. Jadi masyarakat ikut andil dalam setiap pembangunan,” jelasnya.

Ia mengaku bersyukur lantaran war­ga selalu antusias saat pengerjaan ber­langsung. ”Mereka (warga, red) selalu bergotong-royong dalam proses pelaks­anaan. Terima kasih, semoga terus terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Di sisi lain, ungkapan syukur dan te­rima kasih ia sebutkan kepada pemerin­tah pusat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. ”Tentu bantuan biaya ini membuat dan mewujudkan peme­rataan infrastruktur nyata hingga pelo­sok desa,” imbuhnya. (yos/c/yok/run)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Menghilangkan Bau Durian Secara Ampuh, Begini Tipsnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:11 WIB

SMKPP Kementan Bekali Calon Wirausaha Muda Pertanian

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:00 WIB
X