Minggu, 5 Februari 2023

Wabup Kesal Lahan Bomang Diserobot

- Sabtu, 3 Agustus 2019 | 09:48 WIB

METROPOLITAN - Pembangunan Jalan Bojong­gede-Kemang (Bomang) yang sempat mandek akhirnya disidak Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, kemarin. Di­dampingi Kepala Dinas Pe­kerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat Soebiantoro, pengecekan lokasi dimulai dari Sta 0+000 (Desa Bojong­baru) sampai Sta 8+700 (De­sa Jampang).

Selama sidak, Iwan mene­mukan adanya tanah yang diambil oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan itu membuatnya kesal. Ia pun menekankan pembangunan Jalan Bomang memang harus disegerakan. “Kalau terlalu lama didiamkan maka nanti akan banyak penyerobotan tanah-tanah oleh oknum itu,” tegasnya saat di lokasi, kema­rin.

Iwan juga mengingatkan sesuai janji bupati saat acara Rebo Keliling (Boling) di Ke­camatan Kemang adalah mandat atau perintah yang harus dilaksanakan agar warga merasakan manfaatnya. “Saya ingin ini jalan bisa se­gera dibangun. Tidak perlu semuanya sekaligus, jalur lambat saja dulu. Yang penting kan warga bisa menikmatinya,” terangnya.

Iwan menjelaskan, jalur yang akan dibangun itu nantinya dimulai dari Sta 0 di Kemang sampai Situ Nangerang. Jika jalur lambat di situ bisa dibangun maka nantinya jalan yang saat ini digunakan masyarakat yang memakan waktu tempuh cukup lama dapat teratasi dengan jalur tersebut. “Jadi sambil menunggu anggaran yang lain, kita ingin jalan itu bisa dipakai masyarakat. Karena bisa me­mangkas jalur lambat yang memutar dari Tajurhalang ke Kemang,” jelasnya.

Terkait pembebasan lahan, Iwan ingin semua pihak ber­gerak cepat dan bersinergi. Ia juga mengingatkan jika ada lahan yang bermasalah se­baiknya segera bangun komu­nikasi. Namun jika tidak bisa diselesaikan di lapangan, ada baiknya dibawa ke pengadilan. “Ada beberapa lahan yang memang baru dibebaskan. Jika memang ada yang ber­masalah, harus segera dise­lesaikan. Tugas kita di lapangan adalah yang penting bangun dulu. Nanti kalau memang ada ketidakpuasan atau per­masalahan, nanti kita serah­kan di pengadilan,” imbuhnya.

Pembangunan sebuah in­frastruktur memang akan selalu melahirkan potensi-potensi yang ada di wilayah yang dibangun. Terutama potensi ekonomi yang akan hidup seiring terbukanya ak­ses jalan ke wilayah tersebut. Iwan juga berharap nantinya pembangunan Jalan Bomang bisa menjadi potensi eko­nomi bagi Bumi Tegar Beriman. “Kita bisa lihat sendiri, tadi saya lewat jalan yang belum diaspal itu sudah banyak pe­rumahan. Mungkin nanti akan ada toko-toko dan usaha yang lain akan muncul jika jalan itu hidup,” pungkasnya.

Kepala Dinas PUPR Soebi­antoro yang ikut mendampingi menjelaskan pembebasan lahan sudah mencapai 92 persen. “Bertahap pembangu­nannya. Yang penting kan lahannya dulu siap. Jadi kita leluasa untuk melanjutkan pembangunan konstruksinya,” tandasnya. (cr2/c/els/run)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Coba Yoga Vinyasa Yuk, Ini Tipsnya buat Pemula

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:32 WIB

Sabtu Pagi Bogor Diguncang Gempa, Ada yang Terasa?

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:50 WIB
X