Sabtu, 4 Februari 2023

Pembangunan Perumahan Harus Sesuai RTRW

- Sabtu, 3 Agustus 2019 | 10:13 WIB

SUKABUMI- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman akhirnya disahkan menjadi peraturan daerah (Perda). Selain  memenuhi unsur flsolofls, Perda itu juga telah memenuhi sosiologis dan yuridis.

"Secara yuridis formal telah dibahas dan disekapati bersama oleh Pansus II sebagai wakil DPRD dan SKPD sebagai Wakil Pemerintah Daerah, telah dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan sesuai hasil fasilitasi Provinsi," kata Dini Sutiasih, ketika menyampaikan hasil pembahasan pansus II di rapat paripurna dewan, kemarin.

Menurut politisi perempuan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu, pasal dari Raperda tersebut mengadopsi dari undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman yang bersifat normatif yang diturunkan ke Raperda.

"Melalui Perda ini, Pansus berharap Pemerintah Daerah (Pemda) mempunyai payung hukum untuk melakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi. Hal ini terkait pengelolaan perumusan dan kawasan pemukiman yang ada di Kabupaten Sukabumi," ungkap Dini.

Lebih lanjut, Dini mengungkapkan kalau Pansus II mendorong keterlibatan dan peran serta lembaga kemasyarakatan dan swasta dalam menciptakan kondisi dan suasana perumahan yang layak, nyaman, bersih dan sehat.

"Kebijakan pengelolaan dan Penataan perumahan haruslah berorientasi kepada perumahan yang layak huni bagi masyarakat kurang mampu, dan menyelesaikan persoalaan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di Kabupaten Sukabumi," harapnya.

Ia pun menyarankan agar pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman yang sedang dikembangkan perlu memperhatian ketersediaan lahan dan kesesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar tidak tumpah tindih. “Untuk itu, evaluasi dan pengawasan harus dimaksimalkan oleh Pemerintah Daerah," tutupnya. (ade/feb)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Sabtu Pagi Bogor Diguncang Gempa, Ada yang Terasa?

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:50 WIB

Menghilangkan Bau Durian Secara Ampuh, Begini Tipsnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:11 WIB

SMKPP Kementan Bekali Calon Wirausaha Muda Pertanian

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:00 WIB
X