Rabu, 8 Februari 2023

26 Lubang Peti Ditutup

- Selasa, 4 Februari 2020 | 10:16 WIB
SEMANGAT: Kapolres Bogor saat menyisir perbukitan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kecamatan Nanggung.
SEMANGAT: Kapolres Bogor saat menyisir perbukitan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kecamatan Nanggung.

METROPOLITAN - Semak belukar, terjal dan curam di hutan Taman Nasional Halimun Salak (TNGS), tidak menyurutkan semangat petugas gabungan TNI-Polri untuk menertibkan penambang emas ilegal (peti. Mantan kapolres Subang itu bersama jajarannya melintasi perbukitan yang menjulang serta dikelilingi semak belukar.

Kapolres Bogor AKBP Muhamad Joni terjun langsung untuk menertibkan lubang-lubang tambang emas ilegal di Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Meski terjal dan curam, yang pasti kita akan tertibkan lubang emas atau lubang gurandil tanpa izin itu,'' kata Joni saat menyisir area lubang Cisuren.

Ia menuturkan, untuk tahap pertama jajarannya sudah menertibkan tiga lubang di area PT Antam bersama petugas gabungan TNI-Polri, serta instansi lainnya. Hal itu berawal atas tertangkapnya dua pemodal besar di Cigudeg.

Tambang emas ilegal menjadi salah satu faktor penyebab utamanya bencana kemarin,'' bebernya.

Joni mengatakan, selama dua minggu Polres Bogor bersama Polda Jawa Barat dan TNI, telah berhasil menertibkan sedikitnya 26 lubang di area TNGS.

"Sudah jelas tentunya, kegiatan penegakkan hukum yang kami lakukan ini. Berkat kerja sama dan sinergitas antara Polres Bogor, Kodim 0621 dan Pemda Bogor," ujarnya.

Bhabinkamtibmas yang bertugas sebagai pembina keamanan di tingkat desa pun, sambung Joni, turut ambil bagian dalam kegiatan ini melalui imbauan-imbauan dan penyekatan-penyekatan terhadap alur dari bahan baku. Serta sarana prasarana yang digunakan dalam pengolahan emas tanpa izin.

"Secara umum, para gurandil itu melanggar Pasal 158 Jo Pasal 37 dan atau Pasal 161 UU Republik Indonesia No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara," pungkasnya.(mul/c/yok)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pesawat Susi Air Dibakar, Pilotnya Disandera OPM

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:04 WIB
X