Senin, 30 Januari 2023

Jumlah Anak di Bogor Nyaris 2 Juta Jiwa, Pemkab Bogor Susun Buku Profil Anak

- Senin, 12 September 2022 | 18:19 WIB

METROPOLITAN.id - Jumlah anak di Kabupaten Bogor mencapai 1.8 juta jiwa atau 32,80 persen dari keseluruhan jumlah penduduk sebanyak 5.6 juta jiwa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun berencana menyusun buku profil anak untuk memastikan hak-hak anak terpenuhi.
Penyusunan buku profil anak ini dilakukan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor bersinergi dengan BPS Kabupaten Bogor dan Pusat Kajian Gender dan Anak, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB University Bogor.
Para pemangku kebijakan terkait tersebut telah menggelar Diseminasi Profil Anak Kabupaten Bogor tahun 2022, belum lama ini.
Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Nurhayati mengatakan, anak merupakan anugerah pemberian dan titipan Tuhan yang harus dijaga, dirawat, diasuh, dididik, dilindungi dan disayangi serta dipenuhi hak-haknya.
Untuk memenuhi itu semua, maka penyusunan profil anak sangat penting untuk dilakukan di Kabupaten Bogor.
“Profil Anak Kabupaten Bogor ini sebagai bagian dari indikator Kabupaten Layak Anak (KLA), profil anak juga merupakan pendukung utama dalam kelembagaan KLA,” kata Nurhayati.
Menurutnya, Profil Anak merupakan rencana strategis pengembangan program pembangunan yang berpihak pada pemenuhan hak anak di masing-masing SKPD.
Sebab, dalam penyusunan Profil Anak tidak terlepas dari Konvensi Hak Anak yang dituangkan dalam lima kluster KLA, yakni kluster hak sipil dan kebebasan, kluster lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif.
Kemudian kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya, serta perlindungan khusus.
“Semoga dengan sinergi ini bisa menjadikan komitmen bersama dalam upaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak dan dapat memberikan manfaat secara menyeluruh, demi kepentingan terbaik bagi anak di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.
Sementara itu, Kabid P4GN DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Erwan Suherwan menjelaskan, penyusunan buku Profil Anak diharapkan adanya keseragaman dari semua pihak antara Perangkat Daerah (PD).
Nantinya, buku Profil Anak ini akan menjadi pedoman dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kabupaten Bogor.
“Serta sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Bogor,” tandasnya. (fin)

Editor: Arifin

Terkini

Polres Bogor Gandeng Brimob Gencarkan Patroli Malam

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:21 WIB
X