Rabu, 1 Februari 2023

Jangan Hanya Berprestasi di Pesantren, Santri juga Diharapkan bisa Sukses jadi Pengusaha

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:14 WIB
ILUSTRASI : Santri memberi makan ikan mujair nila merah di budi daya ikan Pesantren Ruhama Al Fajar, Citayam, Bogor, Jawa Barat, (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
ILUSTRASI : Santri memberi makan ikan mujair nila merah di budi daya ikan Pesantren Ruhama Al Fajar, Citayam, Bogor, Jawa Barat, (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

METROPOLITAN.id - Santri berprestasi di pesantren sudah biasa. Memang mereka diasah untuk memahami ilmu-ilmu agama. Bila santri sukses jadi pengusaha itu baru luar biasa. Langkah menuju ke arah itu sudah banyak dipersiapkan oleh setiap pesantren. Agar, santrinya lulus dari pesantren mereka memiliki kemandirian di samping memiliki bekal ilmu agama. Belakangan ini para pengusaha kerap dijadikan tolok ukur bagi pesantren agar santri bisa berani terjun berwirausaha. Salah satunya Erick Thohir. Sebelum menjadi menteri BUMN, Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha sukses. Tidak hanya di level nasional, tapi juga di lintas negara. Dorongan santri sukses jadi pengusaha juga kerap dikemukakan oleh Menteri Agama yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas. Pendapat dan dorongan Yaqut Cholil Qoumas itu dimaklumi pengamat politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko. Menurut dia, harapan dan keinginan Yaqut Cholil Qoumas itu adalah hal yang lazim. Menteri yang biasa disapa Gus Yoqut itu ingin membuat santri tak hanya sekadar berprestasi di pesantren, tapi dapat menjadi orang yang sukses seperti Erick Thohir. Apalagi Erick hadir pada peringatan hari santri nasional. “Santri harus memiliki jangkauan ke depan. Bukan hanya berkiprah pada pondok pesantren saja. Para santri harus memiliki jiwa kewirausahaan,” katanya dikutip dari JawaPos.com. Agar santri bisa sukses jadi pengusaha seperti Erick Thohir, Anang Sujoko menyarankan Kementerian Agama (Kemenag) membuat program dan pembinaan pondok pesantren untuk membangun jiwa kewirausahaan. Program dan pembinaan itu dapat berorientasi serta bersinergi dengan program yang sudah dibuat Erick Thohir di sejumlah BUMN. Belakangan ini Menteri BUMN Erick Thohir kerap sering hadir di tengah pesantren. Keberadaan mantan bos Inter Milan itu menunjukkan dia memiliki kedekatan dengan Nahdiyin. Sikap Erick Thohir itu mencoba menjalin ikatan emosional dengan Nahdiyin. Hal itu dapat dikatakan cukup strategis bagi Menteri Erick. Apalagi dia ada niat untuk bertarung di Pilpres 2024 pada posisi capres atau cawapres. Beberapa lembaga survei belakangan kerap menyatakan hasil surveinya bahwa Erick Thohir masuk dalam radar kandidat cawapres. Nama Erik disebut-sebut dapat berdampingan dengan Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. (JawaPos.com)

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:26 WIB
X