Rabu, 1 Februari 2023

Keutamaan dan Bacaan Sholawat yang Baik Diamalkan Tiap Hari

- Rabu, 9 November 2022 | 08:02 WIB

METROPOLITAN.id – Keutamaan dan bacaan sholawat yang baik diamalkan tiap hari. Dengan banyak membaca sholawat, maka Allah SWT sudah menjanjikan hal-hal yang sangat baik kepada umat-Nya. Dikutip dari dream.co.id, berikut keutamaan membaca sholawat serta bacaan sholawat yang sebaiknya diamalkan setiap hari..

Dalil Keutamaan Membaca Sholawat

Anjuran untuk membaca sholawat tentu saja ada alasan tersendiri yang baik bagi orang yang melakukannya. Di mana dengan banyak membaca sholawat, maka ada berbagai keutamaan yang dijanjikan Allah SWT dan hal tersebut pun dijelaskan dalam dalil berupa hadis Nabi. Berikut adalah beberapa dalil tentang keutamaan membaca sholawat yang perlu sahabat Dream ketahui: Mendapatkan Pahala yang Berlipat Orang yang mengamalkan bacaan sholawat, maka Allah SWT berjanji akan memberikan pahala yang berlipat. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut: “ Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Dihapuskan Kesalahannya dan Diangkat Derajatnya

Sebagai seorang manusia, tentu memiliki kesalahan dan dosa yang diperbuat selama hidupnya. Meski begitu, selama masih hidup kita berkesempatan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan membaca bacaan sholawat. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut: “ Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan sholawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya.” (HR. Nasai)

Doanya Dikabulkan

Bagi umat Islam yang selalu membaca sholawat, maka Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa-doanya. Hal ini dijelaskan dalam hadis berikut: “ Fadhalah bin Ubaid seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata; Rasulullah saw mendengar seorang laki-laki berdoa dalam sholatnya dan tidak mengagungkan Allah taala serta tidak bershalawat kepada Nabi saw, kemudian Rasulullah saw bersabda: " Orang ini telah terburu-buru." Kemudian beliau memanggilnya dan berkata kepadanya atau kepada orang lain: " Apabila salah seorang diantara kalian melakukan sholat maka hendaknya memulai dengan mengagungkan Tuhannya yang Maha Agung dan Perkasa, serta dengan memuji kepada-Nya, kemudian bersholawat kepada Nabi saw kemudian berdoa setelah itu dengan apa yang ia kehendaki." (HR. Abu Daud)

Mendapatkan Syafaat

Dengan membaca sholawat, maka orang tersebut akan mendapatkan syafaat. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut: “ Apabila kalian mendengar suara muazzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diserukannya, kemudian bacalah salawat untukku. Karena sesungguhnya barang siapa yang membaca salawat untukku, maka Allah akan membalasnya dengan sepuluh kali lipat. Kemudian mohonkanlah kepada Allah al-wasilah untukku, karena sesungguhnya al-wasilah itu ada/ah suatu kedudukan di surga yang tidak diberikan melainkan hanya kepada seseorang dari hamba-hamba Allah. Dan aku berharap semoga orang tersebut adalah aku sendiri. Barang siapa yang memohonkan wasilah buatku, maka dia akan mendapat syafaat.” (HR. Imam Muslim)

Dikumpulkan Bersama Nabi di Surga

Siapa yang tidak ingin ketika meninggal nanti ditempatkan di surga? Setiap orang pasti menginginkannya. Karena di tempat itulah kenyamanan dan kenikmatan akan didapatkan. Selain itu, sahabat Dream juga akan ditempatkan bersama orang-orang yang sholeh, termasuk Nabi Muhammad saw. Nah, barangsiapa yang membaca sholawat, maka akan dikumpulkan Allah SWT bersama Nabi di surga. “ Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca sholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi) 2 dari 2 halaman

Bacaan Sholawat yang Baik Dibaca Setiap Hari

Setelah mengetahui dalil dari keutamaan membaca sholawat, sahabat Dream juga harus mengetahui bacaan sholawat apa saja yang sebaiknya diamalkan setiap hari. Berikut adalah beberapa bacaan sholawat yang bisa sahabat Dream amalkan setiap harinya:

Bacaan Sholawat Pertama

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا Allahumma Sholli’alaa Sayyidinaa Muhammaddin Wa’alaa Aali Sayyidinaa Muhammad. Artinya: “ Ya Tuhanku, berilah rahmat atas Muhammad dan Keluarganya.”

Bacaan Sholawat Kedua

صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد Shallallahu 'Ala Sayyidina Muhammad. Artinya: “ Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.”

Bacaan Sholawat Ketiga

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma’in. Artinya: “ Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya.” (dre/ryn)

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:26 WIB
X