Rabu, 1 Februari 2023

Umat Muslim Wajib Tahu, 5 Manfaat Membaca Surat Yasin 3 Kali

- Rabu, 9 November 2022 | 08:12 WIB

METROPOLITAN.id – Manfat membaca surat Yasin sebanyak 3 kali. Banyak manfaat membaca Surat Yasin 3 kali yang perlu umat Muslim ketahui. Surat Yasin merupakan jantungnya Al Quran. Selain dianjurkan dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dan orang yang sudah meninggal, Surat Yasin juga memiliki manfaat atau khasiat untuk hajat dan memudahkan urusan yang sulit. Dikutip dari inews.id, berikut 5 Manfaat Membaca Surat Yasin 3x
  1. Dimudahkan Urusan
  Sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara manfaat Surat Yasin ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.   Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga menjelaskan: وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ.   Sebagian ulama berkata: “Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah Swt memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh.  
  1. Dikabulkan Hajat
  Manfaat membaca Surat Yasin secara rutin lainnya yakni dikabulkan hajatnya sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut: من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله   Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)  
  1. Mendapat Kebahagiaan
  Orang yang membaca Surat Yasin secara rutin juga manfaatnya akan mendapatkan kebahagiaan sepanjang hari.   وَعن يحيى بن كثير قال : “بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ”   Artinya: Diriwayatkan dari Yahya Ibn Katsir dia berkata “Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat gembira sampai pagi.  
  1. Dihindarkan dari Kejahatan Surat
  Yasin yang dibacakan rutin juga bisa menjadi wasilah untuk menolak kejahatan dan bencana serta kesedian di akhirat.   تدفَعُ عَنْ صاحِبِهَا كُلَّ سُوْءٍ وتَقْضِي لَهُ كُلَّ حَاجةٍ وَتُدْعَى الدَّافعَةَ والقَاضِيَة Artinya: (Surat Yasin) dapat menolak bencana dan kesedihan akhirat dan semua kejahatan, juga dapat memenuhi semua keperluannya.  
  1. Mendapat Syafaat
  Surat Yasin yang dibaca secara rutin manfaatnya akan mendatangkan syafaat baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini disebutkan hadits dalam Tafsir Ruhul Al Bayan seperti dilansir dari nunganjuk:   وفي الحديث : “ إنَّ فِي الْقُرْآنِ لَسُوْرةٌ تَشْفَعُ لِقَارِئِها وَيَغْفِرُ لِسَامِعِهَا تُدْعَى فِي التوراةِ الْمُعِمَّةَ”   Artinya: Dalam Hadits disebutkan “sesungguhnya di dalam Al Quran terdapat suatu surat yang dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan bagi yang mendengarnya.   (inews.id)

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:26 WIB
X