Jumat, 31 Maret 2023

Target Lima Tahun Mendatang Jakarta Bebas Kabel Udara

- Kamis, 5 Januari 2023 | 15:01 WIB
SEMRAWUT: Kabel-kabel tiang listrik yang menjuntai sangat membahayakan pejalan kaki dan kendaraan yang melintas di DKI Jakarta.
SEMRAWUT: Kabel-kabel tiang listrik yang menjuntai sangat membahayakan pejalan kaki dan kendaraan yang melintas di DKI Jakarta.

METROPOLITAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI jakarta menargetkan wilayahnya terbebas dari kabel udara yang semrawut lima tahun lagi.

Adapun langkah mengatasi kabel udara semrawut ini dengan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT). ”Target saya 4-5 tahun nanti utilitas jakarta insyaAllah kabel udara itu bisa di bawah (tanah, red) semua,” kata Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, di Workshop Alkal, Pulogebang, Cakung, jakarta Timur, kemarin.

Hari menambahkan, pihaknya bersiap mencabuti ratusan tiang listrik kabel udara yang semrawut dipindahkan ke bawah tanah, mulai dari wilayah jakarta Selatan. ”Jadi yang ada hanya lampu, nanti tak ada lagi masalah tiang-tiang itu. Kita mulai mencabuti semua, mulai dari jakarta Selatan, begitu kita perbarui, masuk ke bawah, semua tiang kita cabuti. Kita siap bantu akan ada 400 tiang yang dicabuti,” ujar Hari.

Proyek SJUT sejatinya dua BUMD, yakni Sarana Jaya dan jakarta Propertindo (Jakpro). Hari mengaku tengah mengevaluasi terkait kinerja kedua BUMD itu. ”Jadi, intinya begitu kita revitalisasi trotoar itu kabel kita turunkan melalui apa? SJUT. Kita komitmen, apalagi Perda Utilitas kan di dewan sudah dibahas pasal demi pasal. InsyaAllah tahun ini jadi, itu yang jadi pegangan kita dalam melakukan SJUT lebih giat lagi,” ujarnya.

Hari membeberkan, saat ini baru berjalan tujuh titik dengan panjang 25 km. Sedangkan pada 2023, Bina Marga menargetkan 200 km dan membuka peluang untuk investor asing untuk pembangunan SJUT. ”Tahun ini kita target 200 km nanti ke depan sambil kita evaluasi sistemnya apakah efektif atau tidak. Kalau belum nanti kita buka lagi melalui KPBU. Jadi kalau ada investor asing monggo saja. Yang penting untuk mendahului penugasan,” tandasnya.(ok/suf/py)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Kreasi Olahan Buah Kurma untuk Ide Berbuka Puasa

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:00 WIB
X