Jumat, 3 Februari 2023

Beres Direvitalisasi Rp7 M, Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Situ Gede Kota Bogor

- Kamis, 19 Januari 2023 | 18:09 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mencoba wahana air di Situ Gede, Kota Bogor, Kamis 19 Januari 2023. Ridwan Kamil meresmikan Situ Gede pasca direvitalisasi.  ((Dok. Metropolitan))
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mencoba wahana air di Situ Gede, Kota Bogor, Kamis 19 Januari 2023. Ridwan Kamil meresmikan Situ Gede pasca direvitalisasi. ((Dok. Metropolitan))

METROPOLITAN.id - Setelah direvitalisasi, Situ Gede yang ada di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, kini punya wajah baru yang lebih eksotis untuk pengembangan ekowisata.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menitipkan pesan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor agar bisa memanfaatkan potensi wisata yang ada di aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat itu.

Diketahui, Situ Gede yang punya luas 4,2 hektare itu mendapat revitalisasi melalui anggaran Pemprov Jawa Barat dengan total sekitar Rp7 miliar dari dua tahun anggaran. 

"Silahkan manfaatkan Situ Dede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp7 miliar direvitalisasi oleh provinsi Jawa Barat, untuk peningkatan ekonomi wisata," kata Ridwan Kamil saat meresmikan Situ Gede, Kota Bogor, Kamis 19 Januari 2023.

Situ Gede merupakan sebuah danau alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kehutanan sebagai pengelola kawasan hutan konservasi yang sudah dikelola sebagai objek wisata domestik.

Setelah direvitalisasi, kini wajah baru Situ Gede yang berada di kawasan hutan lindung semakin potensi menarik para wisatawan dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia. Seperti wahana air, jogging track dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di seputaran danau.

"Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa.

Tentunya diharapkan menjadi daya tarik karena orang ke Kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini," ujar Kang Emil, sapaan karibnya.

Menurut dia, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong potensi secara fungsi dan lainnya.

Halaman:

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X