Jumat, 3 Februari 2023

Dosen Kebidanan Mendukung Remaja Cantik, Sehat dan Berprestasi Tanpa Anemia di Depok

- Senin, 23 Januari 2023 | 08:46 WIB
Tim dosen S1 kebidanan Universitas Gunadarma dan mahasiswa kebidanan didampingi oleh ketua dan pengurus KOOD (Liana)
Tim dosen S1 kebidanan Universitas Gunadarma dan mahasiswa kebidanan didampingi oleh ketua dan pengurus KOOD (Liana)

METROPOLITAN.ID - Tim dosen S1 kebidanan Gunadarma">Universitas Gunadarma kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu upaya optimalisasi derajat kesehatan masyarakat terutama remaja putri, yang kali ini bekerja sama dengan Komunitas Orang Orang Depok (KOOD) sebagai mitra.

Dalam kegiatan ini, pelayanan yang diberikan Tim dosen S1 kebidanan Gunadarma">Universitas Gunadarma yaitu pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada 40 remaja putri di sekitar rumah budaya Depok dilaksanakan oleh 6 dosen Program Studi Kebidanan Gunadarma">Universitas Gunadarma pada tanggal 15 bulan desember 2022 bersama 2 orang mahasiswa semester V.

“Remaja putri memiliki potensi lebih tinggi untuk menderita anemia dibandingkan dengan remaja putra, karena remaja putri yang telah mengalami pubertas akan kehilangan sejumlah darah tiap bulannya melalui menstruasi. Jadi sangat penting bagi remaja putri untuk mengetahui kadar Hb-nya sebagai upaya mengurangi risiko anemia. Mengingat anemia akan memengaruhi kreatifitas remaja putri yang juga merupakan calon ibu di kemudian hari”  Ujar Rochmawati, M.Keb selaku ketua kegiatan dari Tim dosen S1 kebidanan Gunadarma">Universitas Gunadarma.

Baca Juga: Pemkab Bogor Kejar Standar WHO terkait Kesehatan, Dewan Minta Ubah Puskesmas Jadi Rumah Sakit Tipe D

Sebagian besar remaja putri di wilayah sekitar rumah budaya Depok tidak pernah memeriksakan kesehatan dirinya terutama kadar Haemoglobin (Hb), hal ini yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan.

Pemeriksaan kadar Haemoglobin (Hb) remaja putri dilakukan satu persatu menggunakan alat easy touch, diawali dengan anamensa riwayat menstruasi, dan status gizi.

Pengukuran  berat badan dan tekanan darah menjadi pemeriksaan pendukung diawal pelayanan untuk menentukan status anemia pada remaja.

Baca Juga: Gegara Kurang 1.257 Tempat Tidur, Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Bogor Nggak Masuk Standar WHO

Pelayanan ini dilakukan oleh anggota tim dosen yaitu Arini Kusmintarti, M.Kes, Estu Lovita Pembayun, M.Keb, Veronica Fary, M.Kes, Liana Elfaristo Ariani, M.Keb, Sisilia Prima Y. Buka, M.Keb.

Halaman:

Editor: Hilman Septian Eka Chandra

Sumber: Tim dosen S1 kebidanan Universitas Gunadarma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X