Jumat, 3 Februari 2023

Pembangunan Jalan Bomang Diprediksi Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Bogor

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:54 WIB
Pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) yang nantinya tehubung dengan Jalan tegar Beriman diprediksi bakal meningkatkan petumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor (Dok Metropolitan)
Pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) yang nantinya tehubung dengan Jalan tegar Beriman diprediksi bakal meningkatkan petumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor (Dok Metropolitan)

METROPOLITAN.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor hingga saat ini masih berupya merampungkan pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) meski tanpa dibantu oleh pemerintah pusat atau provinsi.

Bomang">Jalan Bomang yang nantinya terhubung dengan jalan Tegar Beriman itu diprediksi akan meningkatkan petumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor.

Saat ini melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Pemkab Bogor terus mencicil pembangunan setiap tahunnya. Termasuk pembangunan jembatan yang membutuh anggaran yang cukup besar.

"Pembangunan jembatan di jalur lambat arah Kemang anggarannya Rp44,9 miliar. Karena pembangunan Jembatan Bomang ini bagian dari proyek strategis Pemkab Bogor," Kepala DPUPR Kabupaten Bogor Soebintoro.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Suryanto Putra menjelaskan, untuk menyelesaikan seluruh pembangunan jalan Bomang tersebut Pemkab Bogor membutuh anggaran Rp1,2 hingga Rp1,6 Trliun. Meskipun hingga saat ini Pemkab Bogor setiap tahunnya menganggarkan untuk melanjutkan pembangunan jalan Bomang.

"Kita sudah berupaya meminta bantuan ke pemerintah pusat atau provinsi untuk pembangunan jalan tersebut, tetapi belum mendapatkan hasil," kata Suryanto.

Dengan anggaran yang terbatas, lanjut Suryanto, pembangunan jalan Bomang terbagi menjadi beberapa prioritas. Diantaranya adalah pembangunan jalur lambat dan jembatan atau flyover.

"Setiap tahun kita memang anggarkan tapi jumlahnya sangat terbatas, sehingga ada prioritas pembagunan yang dilakukan," paparnya.

Suryanto menyebutkan jika jalan Bomang dapat tehubung dengan jalan Tegar Beriman diprediksi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor. Sebab, jalan tersebut mempermudah akses dari wilayah Bogor Utara menuju pusat pemerintah.

"Karena jalan Bomang ini merupakan salah satu proyek strategis milik Pemkab Bogor yang nantinya menghubungkan beberapa wilayah. Sehingga dengan begitu pertumbuhan ekonomi juga akan lebih masif," ungkapnya. (mam)

Halaman:

Editor: Muhammad Imam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X