Jumat, 3 Februari 2023

Angka Rata-rata Lama Sekolah Masih Rendah, Pemkab Bogor Bentuk Satgas di Tingkat RT

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:17 WIB
Pemerintah Kabupaten Bogor membentuk Satgas di tingkat RT dan RW untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah atau RLS. (Imam Metropolitan)
Pemerintah Kabupaten Bogor membentuk Satgas di tingkat RT dan RW untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah atau RLS. (Imam Metropolitan)

METROPOLITAN.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus bekerja keras untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) yang saat ini masih rendah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, Pemkab Bogor menaruh harapan kepada Dewan Pendidikan dan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah atau RLS yang nantinya bisa menjadi sebagai salah satu indikator kemajuan pembangunan di bidang pendidikan.

Baca Juga: Duh, di Bogor Utara Masih Banyak Warga BAB Sembarangan di Sungai

"Permasalahan dan tantangan dunia pendidikan tentunya tidak bisa diselesaikan dan diserahkan kepada pemerintah saja. Semua pemangku kepentingan harus berkolaborasi dan bergotong royong untuk meningkatkan angka rata-rata lma sekolah atau RLS ini," kata Burhan.

Menurut dia, Pemkab Bogor juga sudah membentuk tim satgas mulai dari tingkat kecamatan, hingga RT/RW untuk berkoordinasi dalam upaya meningkatkan usia RLS.

Baca Juga: Pemkot Bogor Bongkar Lapak Ratusan PKL di Pusat Kota

Kemudian upaya lain Pemda adalah mendorong pondok pesantren yang tidak memiliki pendidikan formal untuk bekerjasama dengan PKBM atau membentuk satuan pendidikan muadalah. Sehingga RLS di pondok pesantren pun bisa tercapai. Sekaligus dapat mendorong dunia usaha dan industri untuk meningkatkan taraf pendidikan karyawannya secara berjenjang," paparnya.

Sebelumnya, Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor, mencatat angka rata-rata lama sekolah RLS perlu ditingkatkan. Sebab, RLS di Kabupaten Bogor saat ini baru di angka 8,4 tahun atau setara kelas 2 SMP yang artinya masih di bawah RLS nasional yang mencapai 8,54 tahun.

Baca Juga: Keterwakilan Perempuan di PPS Kota Bogor Capai 31,8 Persen, Samsudin: Ada Satu Kelurahan Anggotanya Perempuan

Halaman:

Editor: Muhammad Imam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X