Jumat, 3 Februari 2023

Samsun Tolak Pencabutan Subsidi Pupuk Lantaran Bakal Pengaruhi Ongkos Produksi

- Selasa, 24 Januari 2023 | 21:16 WIB
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Dok. pribadi)
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Dok. pribadi)

METROPOLITAN.id - Subsidi pupuk sangat dirasakan para petani. Terutama petani kecil untuk berproduksi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Harga pupuk akan meroket apabila pemerintah mencabut pupuk bersubsidi. 

Tidak hanya itu, dosis pupuk petani jadi dikurangi apabila subsidi pupuk dicabut. Pada akhirnya, dampak lainnya membuat produksi pangan juga akan turun. Oleh karenanya, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyatakan tidak setuju jika kebijakan pupuk subsidi dicabut.

Menurut pria kelahiran Jember, Jawa Timur itu, pupuk subsidi harus tetap ada. Artinya, tidak ada pengecualian. Pasalnya hal tersebut berimbas ke seantero Indonesia. 

Baca Juga: Tekan Angka Stunting, DPD PDI Perjuangan Kaltim Bagikan Ribuan Makanan Tambahan buat Warga

"Sejujurnya saya tidak sependapat, seharusnya pupuk untuk petani harus tetap disubsidi. Tidak ada pengecualian," ungkapnya, Sabtu 21 Januari 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI resmi mencabut subsidi pupuk untuk lahan pertanian sejak pertengahan 2022 lalu. Jenis pupuk subsidi yang dicabut tersebut dikenakan harga non-subsidi. Di antaranya pupuk ZA, SP-36 dan Organik Granula. Hal ini membuat petani menjerit, sebab berpengaruh pada ongkos produksi. 

Selain mencabut subsidi pupuk, khusus untuk pupuk subsidi Urea, pemerintah juga akan melakukan pembatasan. Rencananya setiap tahun kuota penyaluran pupuk subsidi jenis Urea akan dikurangi. Pemberian pupuk bersubsidi kepada petani akan disesuaikan dengan batas luas penguasaan lahan petani.

Baca Juga: Anggota DPRD Kaltim Muhammad Samsun Ajak Linmas jadi Ujung Tombak Keutuhan NKRI

Samsun, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa justru pupuk untuk petani harus disubsidi. "Pasalnya untuk meningkatkan produksi petani sangat memerlukan pupuk-pupuk tadi itu," jelasnya, saat dihubungi melalui telepon seluler.

Halaman:

Editor: Ryan Muttaqien

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X