Jumat, 3 Februari 2023

3 Keutamaan Bulan Rajab, Disunahkan Berpuasa hingga Terkabulnya Doa

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:00 WIB
Ilustrasi Berdoa (Pixabay.com)
Ilustrasi Berdoa (Pixabay.com)

 


METROPOLITAN.id - Bulan Rajab sudah memasuki hari ketiga. Bulan ketujuh dalam kalender hijriah ini termasuk bulan yanh penuh kemuliaan dan memiliki banyak keutamaan.

Bulan Rajab dianggap penuh kemuliaan karena pada bulan ini berbagai pembunuhan diharamkan Allah SWT., larangan melakukan perbuatan haram lainnya pun lebih ditekankan di bulan ini daripada di bulan lainnya.

Di bulan Rajab, justru sangatlah baik untuk kita melakukan amal ketaatan karena akan menuai pahala yang lebih banyak.

Mengutip muslim.or.id, Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, 207).

Bulan Rajab termasuk ke dalam empat bulan yang dimaksudkan. Berikut ini ada tiga keutamaan di dalam Bulan Rajab. Simak ya!

1. Doa-Doa akan Lebih Mustajab

Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm menegaskan bahwa bulan Rajab merupakan salah satu malam mustajab untuk doa. Sebagai umat muslim yang memiliki banyak hajat dalam kehidupan, kita patutnya memanfaatkan kesempatan ini untuk melangitkan segala keinginan.

Sebagaimana yang dikatakan Imam Syafi'i, "Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban,".

2. Puasa Rajab

Halaman:

Editor: Fadlya El'Arsya

Tags

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X