Minggu, 29 Januari 2023

Sehari Paling Sedikit Kantongi Rp1 Juta

- Selasa, 13 Maret 2018 | 09:20 WIB

-

Sebilah bambu jadi andalan Supriadi (35), warga Kampung Gerendong, Rumpin, untuk mengayuh geteknya di tengah Sungai Cisadane. Sejak jembatan itu ditutup, lelaki yang sehari-harinya jadi sopir angkutan sementara banting stir jadi penarik getek bersama rekan lainnya.

Berkah di balik penutupan Jembatan Gerendong dirasakan Supriadi dan kawan-kawannya. Sebab, mereka bisa mengambil momentum menawarkan jasa getek guna menyeberangi Sungai Cisadane yang relatif lebih cepat ketimbang warga harus memutar melewati Jembatan Leuwiranji.

Sedikitnya ada empat getek untuk mengangkut warga beserta motornya. Para penarik getek itu membanderol tarifnya Rp10 ribu sekali menyeberang. “Itu sudah termasuk orangnya. Tapi kalau cuma orangnya saja mah cuma Rp5.000 sekali berangkat,” ujar Supriadi yang sudah tiga hari menarik getek.

Ia mengaku sebelum jadi tukang getek, dulunya menjadi sopir angkutan umum. Namun dengan adanya Jembatan Gerendong yang dibongkar, dirinya beralih profesi sebagai penarik getek.

Getek tersebut mulai beroperasi pukul delapan pagi sampai delapan malam. Itu pun tergantung cuaca. "Geteknya cuma bisa ngangkut tiga dan dua kendaraan. Pendapatan nyampe Rp1 juta lebih. Itu juga dibagi beberapa orang yang menjadi penarik dan ada juga yang mendorong motor," ujarnya.

Salah seorang pedagang buah yang hendak berjualan ke wilayah Rumpin, Wawan, mengaku baru pertama kali menggunakan getek atau rakitan bambu itu. "Saya nyeberang baru pertama kali ini. Ya takut nggak takut sih. Tapi mau gimana lagi, karena tidak adanya akses yang dekat selain nyeberang menggunakan rakitan bambu," akunya.

Sebab jika melewati Jembatan Leuwiranji, ia mengaku kerepotan karena jaraknya terlalu jauh. “Kalau lewat sana (Leuwiranji, red) kejauhan, mending di sini cepat. Bolak-balik bayar Rp20 ribu,” akunya.

Rupanya tak cuma warga saja. Camat Ciseeng Edi Mhuslihat pun mengaku pernah mengalami hal serupa. Untuk itu, ia berharap pengerjaan jembatan itu segera selesai. "Saya pernah ngalamin naik getek. Ya mudah-mudahan cepat selesai,” tandasnya.

(mul/c/feb/run)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

9 Korban Wowon Cs Tewas, Terakhir Anak-Istri Dihabisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:01 WIB

Sebulan Dua Kali Tawuran di Bogor, 1 Tewas

Senin, 16 Januari 2023 | 10:01 WIB

Faskes Bogor nggak Masuk Standar WHO

Jumat, 13 Januari 2023 | 10:01 WIB

HUT Ke-50, PDIP Panaskan Mesin Partai Jelang Pemilu

Senin, 9 Januari 2023 | 23:00 WIB

Pergi Haji Normal Lagi, Batasan Usia Dihapus

Senin, 9 Januari 2023 | 10:01 WIB
X