Sabtu, 28 Januari 2023

Cuaca Makin Seram, KRB Ditutup

- Selasa, 18 Desember 2018 | 07:37 WIB

METROPOLITAN – Kebun Raya Bogor (KRB) ditutup untuk umum. Kebijakan ini diambil menyusul cuaca yang makin hari makin seram. Ini ditandai dengan angin kencang yang melanda wilayah Bogor. Ditambah lagi munculnya peringatan dini dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal perubahan cuaca ekstrem sampai 22 Desember nanti.

Tanpa pemberitahuan sebelumnya, manajemen KRB mebuat keputusan sepihak dan mendadak dengan menutup tempat wisata tersebut. Senin (17/12) kemarin, salah satu destinasi wisata di Kota Bogor itu ditutup total demi alasan keselamatan pengunjung.

Humas Kebun Raya Bogor, Ayi Doni Darussalam mengatakan, penutupan KRB secara total itu akan dilakukan sementara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang membahayakan keselamatan wisatawan.

“Kapan dibuka belum ada kepastian, tergantung kondisi cuaca. Kalau memang kondisi aman kita buka seperti biasa. Kita tetap antisipasi, buka tutup bisa terjadi," ujarnya.

Selain menutup KRB, pihaknya juga melakukan langkah sesuai standar operasional yang diterapkan Kebun Raya Bogor dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk memangkas dahan tanaman, pembersihan ranting, dan memastikan kesehatan smeua tanaman di area KRB.

“Di Kebun Raya banyak pepohonan yang usianya sudah cukup tua. Ada yang berusia 50 tahun, ada juga yang usianya di atas 100 tahun,” kata Doni.

Setiap tanaman di Kebun Raya Bogor memiliki profil atau identitas berbeda. Mulai dari identitas jenis tanaman, masa tanam, usia, hingga prediksi kapan tanaman tersebut akan masuk masa kematian. Pada tanaman-tanaman yang berpotensi tumbang secara mendadak, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan cara memasang profil tanaman dan memberikan sosialisasi kepada pengunjung agar tidak mendekat atau melintas di tanaman yang dimaksud.

Pihaknya mengaku tidak berorientasi pada pemasukan finansial dengan diberlakukan penutupan kunjungan secara umum. Sebab, Kebun Raya Bogor mengutamakan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung yang datang.

“Akibat angin kencang, pagi tadi terdapat satu pohon Palem yang tumbang. Termasuk beberapa rating-ranting pohon didapati berserakan di area komplek Kebun Raya. Sedangkan, pengunjung yang sudah me-booking seperti tadi pelajar dan kita arahkan ke Museum Zoologi," bebernya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

9 Korban Wowon Cs Tewas, Terakhir Anak-Istri Dihabisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:01 WIB

Sebulan Dua Kali Tawuran di Bogor, 1 Tewas

Senin, 16 Januari 2023 | 10:01 WIB

Faskes Bogor nggak Masuk Standar WHO

Jumat, 13 Januari 2023 | 10:01 WIB

HUT Ke-50, PDIP Panaskan Mesin Partai Jelang Pemilu

Senin, 9 Januari 2023 | 23:00 WIB

Pergi Haji Normal Lagi, Batasan Usia Dihapus

Senin, 9 Januari 2023 | 10:01 WIB
X