Jumat, 3 Februari 2023

Main Bola di GOM bakal Dipatok Rp500 Ribu per Jam, Duh! Fasilitas Olahraga Warga Ditarif

- Kamis, 19 Januari 2023 | 10:01 WIB
MERIAH: Sejumlah artis beken Indonesia ikut berpartisipasi dalam peresmian Taman Manunggal Kota Bogor, Rabu (21/12). (RADAR BOGOR/ SOFYANSYAH)
MERIAH: Sejumlah artis beken Indonesia ikut berpartisipasi dalam peresmian Taman Manunggal Kota Bogor, Rabu (21/12). (RADAR BOGOR/ SOFYANSYAH)

Rencana Wali Kota Bogor Bima Arya membangun pusat olahraga di setiap kecamatan sebagai janji kampanye, memang perlahan kelihatan di tahun terakhir jabatannya.

Sejumlah gelanggang olahraga berdiri, di antaranya Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Bogor Utara, GOM Bogor Selatan, Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, dan terakhir Lapangan Bola Manunggal yang belum lama ini diresmikan.

PERSOALANNYA, seiring terbangunnya sarana dan prasarana olahraga di kecamatan tersebut, arah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor justru mulai berbelok dengan muncul­nya rencana mengomersialkan fasilitas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) alias duit rakyat. Padahal, saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 secara daring, Kamis (9/9/2021), Bima Arya menga­takan bahwa pemerintah harus memiliki komitmen yang kuat, terutama dalam aspek penganggarannya guna mewujudkan prestasi olahraga.

“Jadi tidak menganggap olah­raga itu pelengkap, tapi olah­raga itu harus jadi mainstream. Alokasi anggaran untuk olah­raga, untuk gedungnya itu juga menjadi bagian yang harus diprioritaskan.

Ini perlu kesa­daran semua, terutama kemen­terian dan juga Dewan Perwa­kilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan juga semuanya,” kata Bima Arya.

Namun, setelah gelanggang olahraga dibangun, Dinas Pe­muda dan Olahraga (Dispora) berencana mematok tarif sewa untuk fasilitas sarana dan pra­sarana olahraga yang ada di Kota Bogor.

Termasuk Lapangan Bola Manunggal yang diusulkan dipatok seharga Rp500 ribu per jam. Usulan penerapan harga sewa di tiga lapangan bola itu, saat ini sedang diusulkan ke DPRD Kota Bogor untuk dibahas dan dimasukkan Peraturan Daerah (Perda) Retribusi.

Pemkot Bogor sendiri baru saja meresmikan tiga lapangan bola baru yang ada di wilayah­nya pada Rabu, 21 Desember 2022.

Ketiga lapangan bola itu di antaranya, GOM Bogor Utara, GOM Bogor Selatan, dan Taman Manunggal.

Halaman:

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Plaza Bogor Dibongkar usai Lebaran, Pedagang Girang

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:14 WIB

Tiga Bocil Puncak Jadi Korban Pedofil

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:02 WIB

9 Korban Wowon Cs Tewas, Terakhir Anak-Istri Dihabisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:01 WIB
X