METROPOLITAN - Bisa dikatakan Tasia merupakan chatbot otomotif pertama di Indonesia untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan Auto2000 tanpa batasan ruang dan waktu. Tasia bisa diakses via web, aplikasi mobile, dan aplikasi chat WhatsApp nomor 0822-8980-2000. Selain itu memiliki kemampuan percakapan natural di dalam aplikasi pesan singkat atas bantuan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI). Kehadiran chatbot Tasia diperlukan untuk beberapa kecakapan penting, seperti fast response sehingga chatbot dapat dengan cepat membalas pesan dari pelanggan sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan.
Chatbot ini juga dapat diakses 24 jam penuh karena tidak membutuhkan operator untuk menjalankan. Dan yang paling menarik, chatbot seperti Tasia memiliki gaya bahasa yang luwes dan tidak kaku sehingga terasa alami dan nyaman saat berinteraksi. Tasia juga memiliki beberapa fitur utama unggulan. Seperti urusan pembelian kendaraan yang meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen. Kemudian, booking service pelanggan Auto2000 dan memesan layanan THS --Auto2000 Home Service. Ada pula fitur tracking status servis dan pembelian mobil, sehingga pelanggan dapat mengecek langsung proses pembelian kendaraan atau proses servis mobilnya di bengkel. Terdapat pula info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit, FAQ, informasi lokasi cabang/bengkel resmi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto2000. Menggunakan bahasa Indonesia, untuk chating dengan Tasia, pelanggan hanya perlu membuka browser dan masuk ke halaman auto2000.co.id. Konsumen akan menemukan widget berwarna biru muda di pojok kanan bawah. Klik atau tap saja untuk berkomunikasi dengan Tasia. Untuk keamanan data pelanggan, tak perlu khawatir. Karena semua data pemilik mobil Toyota akan dijaga kerahasiaannya dan hanya dipergunakan untuk keperluan transaksi Auto2000 yang dipilih oleh konsumen. Jika calon pembeli mobil Toyota ingin melakukan simulasi kredit, dapat pula berkomunikasi dengan Tasia. ”Chatbot Tasia didukung oleh tim digital PT Astra International, induk usaha Auto2000, selain tim IT kami sendiri. Mereka lah yang bekerja sama dengan pihak-pihak lain,” ujar Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan. Kehadiran Tasia sebagai asisten virtual diharapkan membantu kebutuhan mobilitas pelanggan Auto2000. Ini sesuai dengan misi terbaru kami, yakni Help people to enjoy their mobility. Misi terbaru ini memperkuat konsep layanan Auto2000, yakni Auto2000 Lebih dengan tagline Urusan Toyota Lebih Mudah. (mdk/els/py)