bisnis

Lewat Expo Virtual, BCA Berikan Nilai Tambah UMKM

Selasa, 20 April 2021 | 19:30 WIB

METROPOLITAN - Ribuan UMKM antusias mengikuti BCA UMKM Fest. Kegiatan pameran offline to online itu menghadirkan 6.000 lebih produk unggulan. Rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest itu diawali Vir­tual Press Conference pada Kamis (15/4), yang dihadiri Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Santoso Liem, EVP Commer­cial & SME BCA sekaligus Ketua Panitia BCA UMKM Fest Freddy Iman, dan EVP Secretariat & Corporate Com­munication BCA Hera F Ha­ryn. Selain itu, turut hadir pula Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pand­jaitan, Gubernur Bank Indo­nesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan ang­gota Komisi XI DPR Indah Kurnia. BCA UMKM Fest yang di­gelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA) itu dalam upaya meneguhkan semangat Sen­antiasa di Sisi Anda. Sementara untuk online, festival itu digelar di umkm­fest.bca.co.id pada 16 April hingga 8 Mei 2021. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, sebagai institusi keuangan yang lekat dengan masyara­kat, BCA berkomitmen mem­berikan nilai tambah bagi UMKM yang merupakan salah satu pendorong perge­rakan ekonomi nasional. Karena itu, BCA menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM melalui BCA UMKM Fest. “Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang kami siapkan, BCA juga memberikan pen­dampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi Business Matching yang membuka kesempatan pe­giat UMKM untuk melakukan ekspor. Kami sungguh ber­harap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi juga mampu menembus pasar internasional,” ujar Jahja. Untuk Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden untuk mengha­dirkan calon buyer yang be­rasal dari 30 negara. Jahja menyebut, saat ini 80 seller BCA siap untuk ekspor. Nantinya para UMKM siap ekspor melakukan perte­muan dan diskusi bisnis da­lam sesi tersebut. Tak hanya itu, dalam webinar dengan topik UMKM siap ekspor, para peserta akan menda­patkan edukasi dan pelatihan sebagai bekal menjadi ekspor­tir andal dari narasumber kredibel. Selain memberikan nilai tambah bagi merchant pe­serta dari pegiat UMKM, pengunjung dapat mengeks­plorasi lebih dari 18.000 pro­duk unggulan dari 1.700 merchant peserta. Semua itu meliputi lebih dari 7.500 pro­duk food & beverage, 5.800 produk fashion, 1.500 produk hobi, 1.300 produk kesehatan dan kecantikan, 400 produk aksesoris dan perhiasan, dan masih banyak produk mena­rik lainnya. Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan potong­an harga, program lelang, dan subsidi ongkir. Jahja menegaskan penting­nya posisi UMKM bagi Indo­nesia. Itu terlihat dari besar­nya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor tersebut. Berdasar data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga 2018 lalu terdapat 116,97 juta orang atau 98 persen tenaga kerja berkegiatan di sektor UMKM. Sementara itu, UMKM ber­kontribusi 61,07 persen pada PDB. Komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini, sela­ras dengan percepatan rea­lisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia. “BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekono­mian Indonesia. Karena ke­terbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami mengha­dirkan BCA UMKM Fest se­cara online dengan tujuan mulia yaitu untuk membang­kitkan motivasi dan opti­misme penggiat UMKM di Indonesia, serta memperce­pat realiasi SDGs,” tutup Jahja. (jp/feb/run)

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB