bisnis

Pedagang Roti Kukus di Bogor Manfaatkan Pemasaran Digital

Kamis, 15 Juli 2021 | 18:01 WIB

METROPOLITAN - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Me­nengah (UMKM) meman­faatkan pemasaran digital dalam menjaring calon kon­sumennya. Apalagi, dengan adanya kebijakan Pember­lakuan Pembatasan Kegia­tan Masyarakat (PPKM) Darurat. Seorang penjual roti kukus dan panggang di Jalan Raya Cimanggu, Kota Bogor, Ah­mad, mengaku memanfaat­kan semua fasilitas online seperti Instagram, WhatsApp, hingga aplikasi ojek online agar tetap mendapatkan penghasilan. “Strategi yang dipakai un­tuk berjualan sekarang ya ini, pakai go-food, grab food, ada shopee food juga, ka­rena kan pembeli nggak bisa langsung datang ke tempat pas PPKM ini,” ujar Ahmad. Selain iu, untuk layanan pemasaran, peng­gunaan platform online juga harus dibarengi strategi pe­masaran yang inovatif dari pelaku usaha sendiri. Hal itu berguna untuk me­ningkatkan minat calon pembeli, sekaligus menge­nalkan bisnis kepada kha­layak. “Kita menggunakan Instagram buat informasi seputar bisnis roti panggang ini. Contohnya, kayak ngena­lin menu baru. Terus ngadain promo kecil-kecilan biar orang-orang pada tahu kalau ada promo di toko,” imbuh­nya. Menurutnya, platform on­line sangat membantu pen­jualan pelaku UMKM, se­perti roti kukus dan roti panggang milik Ahmad. ”Nggak dipungkiri kalau cara ini yang bisa membuat pedagang seperti saya bisa bertahan,” tandasnya. (cr5/c/ feb/run)

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB