METROPOLITAN - Berdasarkan data terakhir pada awal tahun lalu, pasar mobil bekas atau mobkas saat ini dinilai lebih stabil yakni mencapai dua kali lebih besar dibandingkan mobil baru. Penjualan mobil bekas rata-rata mencapai dua juta unit per tahunnya, sementara penjualan mobil baru rata-rata sekitar satu juta unit. Melihat pasar jual-beli mobil bekas saat ini yang cukup ‘seksi’ dan kembali bergairah di tengah pandemi membuat marketplace atau platform jual-beli mobkas juga bertumbuh. Sejumlah nama-nama baru kini bermunculan dengan beragam fitur dan tawaran kepada konsumen yang sulit ditolak. Untuk marketplace atau platform beli mobkas baru diisi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) melalui anak perusahaannya yang berfokus pada pengembangan produk digital yaitu PT Armada Maha Karya dengan merilis platform jual-beli mobkas bernama OtoDeals. Platform beli mobkas secara daring ini diklaim diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi para peminat mobil bekas untuk menemukan unit yang tepat, berkualitas, bergaransi, dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kendati hadir di tengah masa pandemi, OtoDeals mengaku optimis memiliki peluang yang baik dan bisa turut meramaikan pasar mobil bekas di Indonesia. Apalagi di tengah situasi yang masih serba susah saat ini sebagian orang memikirkan kondisi finansialnya untuk membeli kendaraan baru. Melalui acara virtual uang diadakan pada Rabu (22/9), Group COO MPMX Ivan Hindarko menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran OtoDeals sebagai inisiatif bisnis digital baru MPMX. Platform baru ini diharapkan semakin meperkuat eksistensi Perseroan yang telah bergerak di industri otomotif dan transportasi di Indonesia. “Kami juga memahami bahwa market saat ini telah merambah ke generasi yang lebih muda, lebih tech savvy, dan mengutamakan kemudahan dalam memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan,” jelas Ivan. Berdasarkan informasi dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rasio kepemilikan mobil di Indonesia saat ini masih terbilang rendah ketimbang sejumlah negara di Asia Tenggara, yaitu hanya mencapai 99 unit per seribu penduduk. Dalam kesempatan yang sama, Senior Manager Marketing MPMXOtoDeals Nurfadilah menyebut, kehadiran OtoDeals tentunya dapat membantu dan memberikan akses bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhan namun tetap berkualitas. “Kami tidak saja memberikan kemudahan dalam kepemilikan mobil bekas yang memungkinkan calon pembeli untuk mencari mobil idamannya, kapanpun dan dimanapun, tapi konsumen akan merasakan pengalaman membeli mobil bekas yang berbeda dengan sentuhan personal melalui fitur-fitur pintar unggulan kami di OtoDeals,” tandas Nurfadilah. (jp/feb/run)