METROPOLITAN - PT Pertamina (Persero) meluncurkan layanan peduli pelanggan Pertamina Call Center 135. Pertamina Call Center ini secara khusus akan fokus melayani informasi seputar produk Pertamina seperti Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquified Peroleum Gas (LPG) dan Pelumas.
Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid, mengatakan, Pertamina telah menyediakan layanan khusus yang fokus berinteraksi dengan pelanggan, khususnya kategori pelanggan produk Pertamina yang langsung dirasakan konsumen akhir atau pengguna langsung. ”Mengusung semangat Go Retail, Go Digital, Go Customer pada 2019 ini, melatarbelakangi hadirnya layanan Pertamina Call Center 135 yang merupakan terobosan. Diharapkan ini menjadi layanan customer care yang mampu memotret perilaku dan kebutuhan konsumen yang berbeda – beda dan unik di zaman sekarang ini,” beber Mas’ud saat meluncurkan Call Center 135 di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, kemarin. Mas’ud menuturkan, program layanan 135 dengan big data akan berperan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis. Selain itu, inovasi yang tepat untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan secara aspek bisnis mampu meningkatkan pendapatan perusahaan, terutama di sisi hilir Pertamina. Mas’ud mengungkapkan, layanan Pertamina Call Center 135 ini akan melayani masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai produk BBM, LPG dan Pelumas. Selain itu, juga melayani masukan masyarakat mengenai pelayanan SPBU dan channel pemasaran produk Pertamina lainnya seperti agen dan angkalan LPG dan outlet pelumas. ”Tak hanya itu, informasi mengenai program promosi Pertamina seperti loyalty program My Pertamina, program promo produk serta program Berkah Energi Pertamina yang sekarang masih berjalan bisa ditanyakan melalui Call Center 135,” tuturnya. Terkait saluran layanan Pertamina yang lebih dulu dioperasikan, yaitu layanan Contact Pertamina 1 500 000 tetap dapat diakses masyarakat, dengan melayani kebutuhan informasi masyarakat seputar informasi yang bersifat korporat di luar layanan produk BBM, LPG dan Pelumas. Misalkan layanan informasi rekrutmen Pertamina dan layanan informasi umum mengenai Pertamina dan anak perusahaan. ”Seperti kita ketahui bahwa bisnis yang dijalankan Pertamina sangat luas, mencakup bisnis dari Hulu ke Hilir serta memiliki banyak anak perusahaan,” ujarnya. Ke depan, masyarakat bisa mengakses dua layanan Contact Center. Harapannya dengan adanya layanan baru yang berfokus menangani informasi mengenai produk Pertamina, pihaknya lebih memahami dan menjawab kebutuhan pelanggan sehingga masyarakat puas dan loyal menggunakan produk Pertamina. (lip/els/py)