Sabtu, 4 Februari 2023

Situs Peninggalan Pra Sejarah Terlupakan

- Senin, 30 April 2018 | 09:21 WIB

-

CIGUDEG - Banyak situs peninggalan pra sejarah di wilayah Kabupaten Bogor, bagian barat daya, yang sudah tidak mendapatkan perhatian. Padahal situs-situ sejarah tersebut sangat penting untuk dikenalkan ke masyarakat, bahwa Kabupaten Bogor yang terkenal dengan sejuta sejarah dan situsnya. Jika tidak di perhatikan lambat laun situs-situs sejarah akan hilang, hingga masyarakatpun tidak mengenal lagi apa itu sejarah.

Seperti yang terjadi terhadap plang Situs Tapak Tenjoleat di Ruas Jalan Cigudeg – Jasinga tepatnya di pertigaan Cilame Kampung Gardu Desa Sukamaju Kecamatan Cigudeg sudah rusak bahkan sudah hampir jatuh.

"Plang bacaan Situs Tapak Tenjoleat hampir putus, saya sangat menyayangkan situs-situs yang punya nilai sejarah ini, seperti dilupakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Padahal itu Plang adanya persis di ruas jalan utama," ujar Agus salah satu warga sekitar kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, padahal sebentar lagi wilayah barat ini akan menjadi pusat wisata Geopark dengan adanya ke unggulan-unggulan destinasi wisatanya. Selain, ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar serius mengurus tempat-tempat sejarah.

"Situs sejarah yang punya nilai tinggi dilupakan, apalagi kawasan barat ini akan jadi kawasan Geopark. Harusnya mulai dari sekarang segera berbenah," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Disbudpar) Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana saat di konfirmasi mengaku pihaknya akan memperbaiki. "Ya, dibetulkan," jawabnya singkat melaui pesan WA.

(mul/b/sal)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Evakuasi ODGJ, Pol PP Kecamatan Dramaga Kena Tendang

Jumat, 30 Desember 2022 | 13:01 WIB

TV Runyem gegara STB Mahal, Warga Nanggung Bete

Senin, 19 Desember 2022 | 13:01 WIB

Truk Ambles, Jalan Raya Paku Macet Parah

Jumat, 9 Desember 2022 | 13:01 WIB

Puluhan Rumah di Tegalwaru Kena Angin Puting Beliung

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:01 WIB

Miris! Siswa di Cigudeg Belajar di Teras Rumah Warga

Rabu, 30 November 2022 | 13:01 WIB

Mulus Dibeton, Warga Cihud Cucurak di Tengah Jalan!

Senin, 7 November 2022 | 13:01 WIB

Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah Ludes Terbakar

Kamis, 3 November 2022 | 13:01 WIB

Sedih! Ruang Kelas Madrasah di Nanggung Ambruk

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:01 WIB
X