METROPOLITAN - RUMPIN Kepala Puskesmas Cicangkal Rumpin Tatik Yuniarti meminta Camat Rumpin Rusliandy mendorong angkutan umum sampai ke depan puskesmas. Sebab, pasien mengeluh kesulitan menjangkau Puskesmas Cicangkal karena ketiadaan trayek angkutan umum ke lokasi.
Menurut Tatik, masyarakat mengeluh biaya berobat sudah murah karena memiliki BPJS, Jamkesmas dan Jamkesda tapi untuk berobat datang ke puskesmas, biaya transportasi cukup mahal.
"Apabila angkutannya berhenti di Puskesmas Cicangkalbisa meningkatkan kunjungan pasien, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik," katanya kepada Metropolitan, kemarin
Kunjungan pasien ke Puskesmas Cicangkal meningkat sejak menyewa ruko. Saat ini pelayanan puskesmas masih di ruko karena menunggu rehab gedung selesai.
“Di tempat lama, dalam sehari ada lima dan enam orang pasien, tapi sejak pindah ke ruko yang dilintasi angkutan umum ada peningkatan kunjungan pasien. Sehari sekitar 30 orang,” katanya.
Menanggapi hal ini, Camat Rumpin Rusliandy mengaku segera borkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor.
"Nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Perhubungan kaitan dengan trayek pelayanan kesehatan. Nanti kita segera koordinasikan untuk akses pelayanan kesehatan,” tuturnya.
Senada, Kapolsek Rumpin kompol Asep Supriadi juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kab. Bogor dan tokoh masyarakat sekitar.
“Yang diminta kepala Puskesmas Cicangkal itu akses angkutan itu bisa sampai ke Puskesmas. Saat ini hanya sampai depan Pasar Cicangkal,” katanya. (sir/b/els)