Sabtu, 30 September 2023

Polresta Bogor Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Jembatan Otista Seminggu Setelah Lebaran, Ini Perubahan Jalurnya

- Minggu, 5 Maret 2023 | 13:07 WIB
Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Devina/Metropolitan )
Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Devina/Metropolitan )

METROPOLITAN.ID - Setelah Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang, Polresta Bogor Kota akan menerapkan rekayasa lalu lintas jelang revitalisasi Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

“Insya Allah (diterapkan) satu pekan setelah lebaran, tepatnya setelah arus balik pemudik Idul Fitri,” kata Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria pada Minggu, 5 Maret 2023.

Berdasarkan video yang Mertopolitan.id lihat, terdapat penjelasan beberapa jalur yang dapat dilalui saat rekayasa lalu lintas dilaksanakan.

Baca Juga: Petugas Lapas Bogor Gagalkan Penyeludupan Tembakau Sintetis di Gerobak Sampah, Begini Ceritanya

Seperti arus lalu lintas dari Tugu Kujang dan simpang Hotel Amaris, kemudian simpang Hotel Amaris, Jalan Jalal Harupat dan Denpom, lalu simpang Denpom, Air Mancur, dan Warung Jambu, hingga simpang Ahoy dan Suryakencana dibuat menjadi contra flow, ada yang dibuat menjadi satu arah, serta ada jalan yang ditutup.

Galih juga mengatakan rekayasa lalu lintas nantinya akan terjadi seperti yang ada dalam video dan Detail pengalihan arus secara terperinci akan diumumkan menjelang uji coba.

Namun, jalur tersebut bisa saja berubah jelang pelaksanaan. Oleh karena itu Galih mengatakan hal tersebut akan terlebih dahulu dicoba efektivitasnya saat gladi resik atau simulasi.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kawasan Depo Pertamina Plumpang Bahaya Ditinggali Penduduk, Solusinya Begini

“Untuk sementara konsep pengalihan arus secara garis besar demikian, untuk terperinci detail jalur nanti sama sama akan di umumkan menjelang gladi atau percobaan sebelum dilaksanakan penutupan dan pengalihan arus,” jelasnya.

Sementara lama waktu pengerjaan revitalisasi Jembatan Otista akan memakan waktu kurang lebih 9 hingga 10 bulan.

“Kami harapkan agar semua lapisan masyarakat terminimalisasi akibat dampak yang ditimbulkan,” ujarnya.

Baca Juga: Wapres Kiai Ma'ruf Amin Minta Depo Pertamina Plumpang Dipindah ke Tanjung Priok, Ini Alasannya

Saat ini Polresta Bogor Kota dan Pemerintah Kota Bogor tengah melakukan beberapa persiapan seperti pembongkaran pembatas di Tugu Kujang, pulau jalan di Batutulis, pengadaan road barrier, dan beberapa persiapan lainnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, mengatakan tujuan dari Revitalisasi itu sendiri guna mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jembatan Otista di Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Halaman:

Editor: Fadlya El'Arsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X