Senin, 25 September 2023

Pemkab Bogor Gelar Aksi Bersih-bersih Cibinong Situ Plaza

- Rabu, 31 Mei 2023 | 12:15 WIB
Pemkab Bogor gerak cepat melakukan aksi pembersihan  Cibinong Situ Plaza selama tiga hari berturut-turut. (Foto: Dok Diskominfo)
Pemkab Bogor gerak cepat melakukan aksi pembersihan Cibinong Situ Plaza selama tiga hari berturut-turut. (Foto: Dok Diskominfo)

METROPOLITAN.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor gerak cepat melakukan aksi pembersihan Cibinong Situ Plaza selama tiga hari berturut-turut dengan cara turun langsung menyisir dan menyusuri situ, oleh tim dari DLH, DPKPP dan anggota Pramuka Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli Masnen mengungkapkan, kegiatan pembersihan Cibinong Situ Plaza adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan Cibinong Situ Plaza yang merupakan situ kebanggan Pemerintah Kabupaten Bogor juga seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Lindungi Kesehatan dan Kesejahteraan Anak, Pemkab Bogor Luncurkan Rencana Aksi Pengurangan Keracunan Timbal

"Hari ini kita minta teman-teman yang biasa di sungai untuk turun, menyisir, mengangkut sampah-sampah atau lumut-lumut yang ada di sekitar wilayah setu," kata Ismambar.

Menurut dia, menjaga kebersihan Cibinong Situ Plaza sangat penting dilakukan, terlebih dimomentum Hari Jadi Bogor ke-541 serta momentum keberangkatan haji seperti saat ini. Sehingga ketika kondisinya bagus juga akan memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan baik Kabupaten Bogor maupun lingkungan Cibinong Situ Plaza.

Baca Juga: Beberkan Kejanggalan Kasus Dugaan Penipuan Edi Kusmana, PPP Berharap Restorative Justice

"Saat ini, banyak tamu jamaah haji. Kita bersihkan dan rapikan, sehingga nanti mereka juga bisa menjaga. Sehingga mereka nanti akan segan membuang sampah tidak pada tempatnya, karena tempat-tempat sampah sudah kita sediakan disini," paparnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan tanggung jawabnya terhadap sampah. Bukan peduli lagi, tapi tanggung jawab terhadap sampah.

Baca Juga: Polisi Periksa Lima Pelajar yang Diduga Terlibat Tawuran di Pancasan Bogor

"Jadi kalau misalkan sedang berekreasi di sekitar setu, mari, sampahmu menjadi tanggung jawabmu, sampahku menjadi tanggung jawabku, sesuai dengan hati nurani yang kita miliki," ungkapnya.

Terpisah, Kabid Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) DPKPP Kabupaten Bogor, Nunung Toyibah mengungkapkan, akan lebih aktif melakukan pembersihan Situ Plaza Cibinong secara berkala dengan melibatkan tim Park Ranger DPKPP, DLH, Pramuka serta dinas terkait lainnya.

Baca Juga: Mengenal Jebolan Rising Star Indonesia Hanin Dhiya Asal Bogor

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Pramuka juga DLH untuk bersama-sama melakukan bebersih Situ Plaza Cibinong," ungkapnya.***

Editor: Muhammad Imam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X