Senin, 30 Januari 2023

Pemkot Buka Kelas Khusus Lansia

- Jumat, 29 Juli 2016 | 10:18 WIB

BOGOR - Kelompok lanjut usai (lansia) jadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Kemarin, pihaknya mencari formula untuk pemberdayaan lansia dalam meningkatkan kesehatan keluarga.

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Pinantari Hanum. Sri menuturkan, selama ini lansia itu selalu menjadi objek namun ke depannya diharap­kan menjadi subjek dan men­jadi agen perubahan minimal di keluarganya sendiri. “Mela­lui workshop ini kami akan membentuk kelas-kelas khu­sus lansia minimal di lima kelurahan dulu,” ujar Sri.

Ia menambahkan, kegiatan diawali dengan Focus Group Discusion (FGD)yang dilaks­anakan beberapa waktu lalu. Dalam FGD tersebut tim meng­indentifikasi apa yang men­jadi permasalahan, kebutuhan dan harapan lansia di masing-masing wilayah. Hasil dari FGD tersebut kemudian dibahas dalam workshop ini. Masih menurut Sri, yang menjadi sasaran dalam kelas lansia ini adalah lansia-lansia yang sehat, punya kemauan dan kemampuan serta produktif. Usianya pun harus 60-69 ta­hun. “Kegiatan yang baru akan dimulai ini kami fokuskan dulu di Kecamatan Tanah Sareal. Apabila berhasil sela­njutnya dikembangkan di Kecamatan lain dan juga di Kota Kabupaten se-wilayah Indonesia,” pungkasnya

(*/ feb)

Editor: admin metro

Terkini

X