Kamis, 2 Februari 2023

Oknum Kelurahan Kedungwaringin Jual Drainase Ke Mmbc?

- Senin, 27 Maret 2017 | 09:39 WIB

METROPOLITAN – Selaian mengubah rumah menjadi kantor, Kantor MMBC Tour and Travel yang terletak di Jalan Cimanggu, Gang Tijan, RT 01/15, Kelurahan Kedungwa­ringin, Kecamatan Tanahsareal itu juga menyulap drainase di halaman kantor menjadi lahan parkir. Tak hanya itu, di atas lahan drainase yang sudah dicor tersebut dibangun awning menggunakan baja ringan dilengkapi keran air untuk mencuci kendaraan. Tak pelak, hal tersebut mem­buat Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor Lainasari geram. Leluasanya pihak MMBC Tour and Travel memanfaatkan drai nase tersebut muncul dugaan lahan drainase itu dijualbelikan oknum Kelurahan Kedungwa­ringin. Laniasari mengatakan, pascabanjir di SMAN 2 Bogor yang bermula dari saluran air kecil yang meluap hingga me­newaskan dua orang warga sekitar, seharusnya dapat men­jadi contoh bagi masyarakat Kota Bogor agar menjaga salu­ran air. “Drainase itu harus tetap ada dan dirawat. Apalagi diper­jualbelikan maka harus ditindak,” ujarnya kepada Metropolitan.­

Seharusnya, kata politisi PDIP itu, aparat di wilayah harus ikut menjaga, bukan sebaliknya. Apalagi sampai ada dugaan pembiaran. Karena jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan maka aparat wilayah yang harus bertangung jawab. “Ini tidak bisa dibiarkan dan jangan sam­pai ada korban lagi akibat air meluap. Dinas terkait harus turun tangan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Bogor Heri Karnadi menuturkan, lahan drainase tidak boleh diganggu dan ’haram’ hukumnya bangunan berdiri di atas lahan tersebut. “Tidak boleh ada bangunan yang mengalih­fungsikan drainase. Bentuk pe­langgaran juga kalau seperti itu. Saya tegaskan, dalam bentuk apa pun tidak boleh. Apalagi dijadikan lahan parkir pribadi ataupun kantor,” paparnya.

Heri berjanji pihaknya bakal mengecek ke lapangan langsung dan berkoordinasi dengan apa­rat setempat. “Bahkan saya akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait tentang persmasa­lahan drainase,” bebernya.

Lurah Kedungwaringin Dedy Sofyan membenarkan adanya alih fungsi lahan bangunan men­jadi kantor oleh MMBC Tour and Travel. Meski begitu, ia mem­bantah jika ada tudingan oknum kelurahan yang melakukan jual beli lahan drainase. “Tidak ada pihak kelurahan yang menjual­belikan drainase,” tuntasnya.

(mam/b/els/run)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Pemdes dan Pemuda Desak Penataan Pasar Citeureup

Rabu, 1 Februari 2023 | 13:00 WIB

Skybridge Bojonggede Baru Dibangun 95 Persen

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:00 WIB

Target Predikat KLA Utama, Pemkot Bogor Kejar PISA

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X