Rabu, 8 Februari 2023

Di Tengah Isu Penambahan Jabatan Kades Sembilan Tahun, Pemkab Bogor Tetap Gelar Pilkades Sesuai Jadwal

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:08 WIB
Pemerintah Kabupaten Bogor tetap menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dintengah isu penambahan jabatan kepala desa menjadi sembilan tahun. (Dok: Diskominfo Kabupaten Bogor)
Pemerintah Kabupaten Bogor tetap menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dintengah isu penambahan jabatan kepala desa menjadi sembilan tahun. (Dok: Diskominfo Kabupaten Bogor)

METROPOLITAN.id - Di tengah isu penambahan jabatan kepala desa hingga sembilan tahun, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tetap akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah tak menjelaskan jika pelaksanaan Pilkades di wilayahnya sejauh ini masih sesuai rencana, meski isu penambahan jabatan kepala desa hingga sembilan tahun terus berhembus.

Baca Juga: Tahun 2022 Marak Proyek Mangkrak, Plt Bupati Bogor Sebut Gegara Banyak Kontraktor Kurang Modal

"Kami lihat aturan lanjutannya, kalau misal dalam regulasi tingkat nasional ada perubahan, kita lihat aturan urutannya seperti apa. Apa batas waktunya sejak kapan, masa jabatan kapan, itu nanti akan jelas aturan kalau itu terjadi. Tetapi Pilkades masih terus berjalan, walaupun sudah final, nanti ada aturan turunannya,” kata dia.

Pada Pilkades tahun ini, Pemkab Bogor akan melaksanakannya di 36 desa dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: KPU Kota Bogor Prediksi Jumlah TPS Pemilu 2024 Capai 3.602

Pengumuman penetapan bakal calon sendiri akan diumumkan pada bulan ini dan pencoblosan Pilkades Bogor dilakukan pada 12 Maret 2023.

Renaldi meminta panitia Pilkades serentak ini untuk bersikap netral tanpa harus memenangkan salah satu calon.

“Semua tahapan pilkades Bogor ini bisa dimonitor di semua level, yang paling penting panitia netral, itu bisa ditunjang dengan hadirnya panitia tingkat kecamatan dan di setiap tahapan di desa,” paparnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Imam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Reses Dewan di Ciampea Banjir Keluhan

Rabu, 8 Februari 2023 | 13:00 WIB
X