Rabu, 22 Maret 2023

Cari Solusi Atasi Stunting, Plt Bupati Bogor Boyong Kadis hingga Direktur RSUD Berguru ke Kabupaten Sumedang

- Selasa, 7 Februari 2023 | 22:32 WIB
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat memberilan plakat kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor)
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat memberilan plakat kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor)

METROPOLITAN.id - Persoalan stunting jadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Berbagai upaya pun terus dilakukan, salah satunya studi ke Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Sopir Angkot yang Meracik Tembakau Sintetis di Kota Bogor Ternyata Residivis Lapas Paledang

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan memboyong sejumlah kepala dinas hingga Direktur RSUD ke Kabupaten Sumedang untuk mempelajari cara menurunkan angka stunting. Terlebih Kabupaten Sumedang menjadi kabupaten dengan penurunan angka stunting terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Bima Arya Lelang Jabatan Kadis PUPR dan Diarpus Kota Bogor

"Saya bersama jajaran Pemkab Bogor belajar dan melakukan kerjasama antar dua daerah khususnya dalam upaya penanganan masalah stunting," kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Baca Juga: KPU Kota Bogor Tunggu Hasil Pemeriksaan Panwascam Terkait Anggota PPS Diduga Pengurus Parpol

"Saya tugaskan jajaran kepala dinas untuk menggali informasi dan mempelajari bagaimana Sumedang bisa berhasil, hal ini tentunya sebagaimana arahan bapak Presiden Jokowi," sambung dia.

Baca Juga: NU Berusia Satu Abad, Ini Doa dan Harapan Ketua Umum Muhammadiyah

Iwan mengaku pihaknya sangat fokus menekan persoalan stunting di Kabupaten Bogor, sehingga ia belajar ke Kabupaten Sumedang yang sukses dalam penanganan stunting dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi Simpati.

"Kita menginginkan penanganan stunting di Kabupaten Bogor lebih terintegrasi dan terukur. Sehingga setiap tahunnya angka penderita stunting terus berturun, bahkan bebas stunting," kata Iwan.

Baca Juga: Polisi Berhasil Ringkus 21 Pengedar Narkoba dan Obat Terlarang di Bogor

Sementara itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membagikan pengalamannya dalam menurunkan angka stunting di Sumedang. Menurut dia, angka stunting dari 32,27 persen pada tahun 2018 hingga menjadi menjadi 8,27 persen di tahun 2022.

“Keberhasilan penurunan stunting secara signifikan tersebut terjadi karena dukungan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” papar Dony.

Baca Juga: Baju Transparan Olla Ramlan Auto Bikin Netizen Salah Fokus

Halaman:

Editor: Muhammad Imam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X