Kamis, 2 Februari 2023

Gerakan Pramuka Mendidik Generasi Muda

- Kamis, 9 Maret 2017 | 09:06 WIB

METROPOLITAN – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat melantik Pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Keca­matan Bogor Barat, di Aula Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Dalam pelantikan tersebut Ade Sarip juga mem­buka Rapat Kerja Kwaran Gerakan Pramu­ka Bogor Barat.

Dalam sambutannya Ade Sarip yang men­jabat juga sebagai Sekretaris Daerah meng­ingatkan, gerakan pramuka didasari atau dimotori ketulusan dan keikhlasan guna mendidik generasi muda untuk menjadi manusia yang beriman, bertakwa, memi­liki manfaat bagi dirinya, masyarakat dan lingkungannya. Maka menurutnya melalui kegiatan pramuka semua bisa belajar keik­hlasan dan ketulusan. “Jadi ilmu pengeta­huan yang diberikan melalui gerakan pramuka adalah penyeimbang. Maka saya berharap kegiatan pramuka mampu jadi motor penggerak kebaikan,” ujarnya.

Untuk program dan kegiatan yang dis­usun, Ade menekankan agar kegiatannya tidak sebatas seremoni. Tapi harus mem­berikan warna bagi kegiatan demi peng­embangan potensi yang ada. Sehingga pramuka mampu menjadi abdi masyara­kat. Tapi, dibutuhkan dukungan semua pihak. Karena, tanpa dukungan akan percuma, saya juga berharap pramuka menjadi contoh bagi organisasi lainnya dan membantu kegiatan pemerintah. “Saya memiliki keyakinan, aktif dalam pramuka adalah kebutuhan bukan suatu keterpaksaan. Sebab potensi pramuka itu luar biasa. Bahkan dalam pramuka tidak ada kepentingan apapun atau politik, ka­rena gerakan pramuka berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2012,” terangnya.

Sementara itu, Camat Bogor Barat yang merupakan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Bogor Barat Pupung W Pur­nama menyampaikan, program dan ke­giatan pramuka akan selaras dan bersin­ergi dengan program dan kegiatan pe­merintah. “Insya Allah untuk Kwaran Bogor Barat ke depannya akan memiliki sekretariat sendiri. Nantinya saya akan mempersiapkan satu ruangan khusus untuk kwaran,” paparnya.

Sedangkan Ketua Kwaran Bogor Barat yang baru dilantik Ikat Karmawan men­ekankan pentingnya kerja sama dari se­mua anggota Pramuka Kwartir Ranting Bogor Barat khususnya dan Kota Bogor untuk merealisasikan program yang telah disusun tahun ini. “Semua dapat direa­liasasikan asalkan semuanya kerja sama,” tegasnya. (tur/ar/mam/dit)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

214 SMP di Kabupaten Bogor Sudah Terapkan IKM

Jumat, 13 Januari 2023 | 19:01 WIB

Tunjangan Guru Daerah Khusus segera Cair

Senin, 9 Januari 2023 | 19:01 WIB

Disdik Bogor Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Jumat, 6 Januari 2023 | 19:01 WIB

Tiap Tahun 2.000 Guru Daftar PGP

Rabu, 4 Januari 2023 | 19:01 WIB

SMAN 2 Cibinong Role Model Sekolah di Jawa Barat

Senin, 2 Januari 2023 | 19:01 WIB

Guru Madrasah Aliyah Dapat Bantuan Honor Rp6 Juta

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:01 WIB

Mahasiswa Tetap Senang Kuliah Online

Kamis, 29 Desember 2022 | 19:01 WIB
X