Minggu, 29 Januari 2023

Unpak Gelar Survei Kepuasan Pelanggan Tirta Pakuan

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:01 WIB
UMUMKAN: LPPM Unpak Bogor mengumumkan hasil survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan yang menyebut 85 persen pelanggan merasa puas.
UMUMKAN: LPPM Unpak Bogor mengumumkan hasil survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan yang menyebut 85 persen pelanggan merasa puas.

METROPOLITAN - Lem­baga Penelitian dan Pengab­dian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menyampaikan hasil survei kepuasan pelang­gan Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Pa­kuan Kota Bogor 2022. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dinyatakan bernilai baik berdasarkan hasil survei yang dilakukan Universitas Pakuan Bogor. Adapun hasil survei tingkat kepuasan pelanggan secara agregat menunjukkan nilai sangat baik, yakni 85 persen atau dapat dikatakan sangat memuaskan. Hasil survei ini juga dijadikan landasan Tirta Pakuan untuk mengembang­kan bidang usaha lain agar bisa menghasilkan income selain pembayaran tarif. Rektor Unpak Kota Bogor, Profesor Didik Notosudjono, mengatakan, kegiatan ini se­bagai bentuk implementasi agreement pihaknya dengan Perumda Tirta Pakuan, tentu­nya ada di bidang kajian dan penelitian. “Agreement ini kegiatan dalam hal pember­dayaan, ini sangat penting bagaimana kontribusi pergu­ruan tinggi terhadap Perumda Tirta Pakuan yang melayani masyarakat serta kepercayaan Tirta Pakuan kepada kami,” ucap Didik kepada Metropo­litan, Rabu (30/11). Senada, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gus­niawan, mengamini yang disampaikan rektor Unpak Kota Bogor soal kerja sama antara perusahaan dengan institusi akademik. Terlebih, hasil survei sebagai upaya meng-upgrade pejabat dan karyawan Tirta Pakuan dalam menjaring informasi yang di­inginkan masyarakat. “Dari laporan-laporan survei kami banyak belajar dan ba­nyak hal yang kami temukan. Dilihat dari hasilnya kami tidak punya tantangan karena ha­silnya bagus dari penilaian masyarakat. Indikatornya pi­lihannya ada empat yaitu Baik, Baik Sekali, Tidak Baik dan Tidak Baik Sekali. Hasilnya Alhamdulillah baik sekali. Ini merupakan hasil dari treatmen manajemen. Ini juga akan menjadi dasar bagaimana pengembangan perusahaan ke depannya dengan hasil survei yang bagus,” ungkap Rino. Sementara itu, Ketua Tim Survei Universitas Pakuan, Doktor Herman SE. MM me­nambahkan, dalam melakukan penilaian, Perumda Tirta Pa­kuan Kota Bogor mengiden­tifikasi karakteristik pelanggan Perumda Tirta Pakuan dida­sarkan pada informasi yang disampaikan oleh 2.300 pe­langgan yang menjadi respon­den dalam kegiatan survei 2022. Selain itu, juga dilakukan klasifikasi kelompok pelanggan berdasarkan zona, wilayah administratif dan golongan tarif. Zona terbagi menjadi enam yang meliputi Zona 1 sampai Zona 6. Wilayah ad­ministratif terbagi menjadi tujuh yang meliputi Kabupaten Bogor, Tanahsareal, Kecama­tan Bogor Utara, Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Tengah, Kecamatan Bogor Barat, dan Kecamatan Bogor Timur. Golongan tarif meliputi sosial (S), rumah tangga (R), instansi pemerin­tah (IP), niaga (N), dan indu­stri (1). ”Survei dilakukan se­panjang September dan Ok­tober 2022, menghasilkan banyak informasi yang dite­rima dan dapat menunjang keberlangsungan Perumda Tirta Pakuan,” ungkap Herman. Selain perhitungan secara agregat yang menunjukkan produk dan jasa, juga dilaku­kan yang lebih detail terkait kondisi berdasarkan lima va­riabel, yakni Assurance, Re­liability, Responsiveness, Em­phaty dan Tangibles. Variabel assurance mengha­silkan nilai IKP sebesar 83,8, artinya kinerja Perumda Tirta Pakuan sangat baik untuk ke­pastian akan produk dan pe­layanan yang diberikan ke­pada pelanggan. Variabel reliability adalah 86,26 yang berarti bahwa Pe­rumda Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja yang baik serta dapat memenuhi harapan dari pelanggan terkait kualitas air yang diberikan. Variabel responsiveness men­ghasilkan nilai IKP 83,95 yang berarti bahwa Perumda Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja yang baik khususnya dalam memberikan pelayanan kepada konsumen atau pelang­gan. Sebagai contoh, respon cepat para petugas lapang menangani kebocoran. Variabel emphaty mengha­silkan 85,42 yang menyatakan bahwa Perumda Tirta Pakuan mampu memberikan kesan baik kepada pelanggan mela­lui channel komunikasi pelang­gan yang ada secara verbal dan non-verbal. ”Sedangkan variabel Tangibles menghasilkan nilai sebesar 83,81 yang berarti bahwa Pe­rumda Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja yang sangat baik terhadap pelayanan yang dapat dirasakan inter­aksinya secara langsung,” tan­dasnya. (far/c/els/py)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

214 SMP di Kabupaten Bogor Sudah Terapkan IKM

Jumat, 13 Januari 2023 | 19:01 WIB

Tunjangan Guru Daerah Khusus segera Cair

Senin, 9 Januari 2023 | 19:01 WIB

Disdik Bogor Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Jumat, 6 Januari 2023 | 19:01 WIB

Tiap Tahun 2.000 Guru Daftar PGP

Rabu, 4 Januari 2023 | 19:01 WIB

SMAN 2 Cibinong Role Model Sekolah di Jawa Barat

Senin, 2 Januari 2023 | 19:01 WIB

Guru Madrasah Aliyah Dapat Bantuan Honor Rp6 Juta

Jumat, 30 Desember 2022 | 19:01 WIB

Mahasiswa Tetap Senang Kuliah Online

Kamis, 29 Desember 2022 | 19:01 WIB

P2G: Buka Rekrutmen Guru ASN

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:01 WIB

Kuota SNPMB 2023 Diumumkan Dua Hari Lagi

Senin, 26 Desember 2022 | 19:01 WIB
X