Rabu, 27 September 2023

11 Hari Dibuka, Baru 4 Parpol di Kota Bogor Daftar Caleg 2024

- Kamis, 11 Mei 2023 | 18:09 WIB
Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin memberikan keterangan terkait Parpol yang sudah mendaftar Caleg pada Pemilu 2024.
Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin memberikan keterangan terkait Parpol yang sudah mendaftar Caleg pada Pemilu 2024.

 

METROPOLITAN.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mencatat hingga Kamis 11 Mei 2023 atau hari kesebelas pendaftaran dibuka, baru ada empat Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor.

Keempat parpol diantaranya PKS, PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Nasdem Kota Bogor. Hal itu seperti diungkapkan Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin.

"Sampai hari ini Kamis (11/4) sudah ada 4 partai politik di Kota Bogor yang sudah mendaftarkan Bacaleg-nya untuk DPRD Kota Bogor," kata Samsudin kepada wartawan.

"Dari masing-masing partai sudah ada 50 Bacaleg, sehingga totalnya ada 200 Bacaleg yang sudah didaftarkan oleh para politik masing-masing," sambung dia.

Untuk selanjutnya, menurut Samsudin, setelah mereka menyerahkan berkas Bacaleg-nya dan berstatus lengkap di pendaftaran, maka KPU Kota Bogor akan melakukan proses verifikasi administratif kaitan dengan berkas Caleg yang sudah masuk.

"Nanti kita akan cek, apakah berkelakuan baik atau tidak, sah atau tidak, kemudian legal atau tidak dan seterusnya. Sehingga pada masa perbaikannya itu (akan ditetapkan) status Caleg apakah MS (memenuhi syarat) atau BMS (belum memenuhi syarat)," ucap Samsudin.

"Untuk caleg yang MS tinggal menunggu penetapan DCS (daftar calon sementara) dan nanti DCT (daftar calon tetap) di 3 November 2023," lanjut dia.

Sementara, dikatakan Samsudin, bagi Caleg yang dinyatakan BMS, maka mereka diwajibkan untuk melengkapi berkas di masa perbaikan.

"Misalnya ada SK pemberhentian dari jabatan atau pekerjaan yang harus mundur pada saat pendaftaran baru proses mengundurkan diri, maka dimasa perbaikan SK pemberhentiannya harus sudah terbit," ungkap dia.

"Harapannya di masa perbaikan bacaleg dan seluruh partai bisa melihat statusnya, kalau BMS segera untuk melakukan perbaikan," tandas Samsudin. (rez)

Editor: Muhammad Reza Malik

Tags

Terkini

Sah! Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI

Sabtu, 23 September 2023 | 14:24 WIB
X